Sukses

Prediksi Mike Tyson Vs Roy Jones Jr: Hiburan Menyeramkan

Liputan6.com, Jakarta Setelah 15 tahun pensiun, Mike Tyson akhirnya kembali naik ring. Petinju yang dijuluki si Leher Beton tersebut tampil dalam duel ekhsibisi 8 ronde melawan Roy Jones Jr, Minggu (29/11/2020) WIB. 

Frontline Battle--label pertarungan Mike Tyson vs Roy Jones Jr--bakal berlangsung di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Kedua petinju yang sudah berusia kepala 5 itu rela baku pukul demi tujuan amal. 

Pertarungan ini awalnya hendak digelar September 2020. Namun pihak promotor, Triller, memundurkan jadwalnya agar punya waktu lebih banyak mengumpulkan pemasukan yang lebih besar lagi. Rencananya, pendapatan dari duel ini, bakal disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. 

Label ekhsibisi sebenarnya sudah cukup menggambarkan bahwa duel Mike Tyson Vs Roy Jones Jr hanya hiburan semata. Pertarungan tidak akan sekompetitif ketika keduanya masih menjadi atlet. Apalagi keduanya kini sudah berumur, Mike Tyson 54 tahun dan Jones Jr hanya 3 tahun lebih muda.  

Komisi Atletik Negara Bagian California (CSAS) sebagai pengawas juga terkesan sangat hati-hati. Mereka telah menyiapkan sederet aturan demi mencegah kedua petinju celaka saat bertanding. Bahkan, Direktur Eksekutif CSAS, Andy Foster, sejak awal sudah memberi peringatan. Dia meminta publik jangan berharap pertemuan Tyson Vs Jones Jr tidak sekompetitif duel normal. 

Tidak ada pemenang dan tidak ada KO karena menurutnya, duel hanya sebatas hiburan semata.  

Sejak Mike Tyson pensiun 2005, pamor tinju kelas berat boleh dikatakan terus merosot. Juara demi juara muncul silih berganti, namun tidak satupun yang se-fenomenal Si Leher Beton. Karena itu wajar bila animo pecinta tinju dunia kembali meningkat saat Mike Tyson menyatakan keinginan comeback.

Publik seakan dibawa mundur ke era 90-an saat Tyson menyihir dunia lewat kepalan tangannya. Merontokkan lawan-lawannya lewat kemenangan KO yang terkadang hanya dalam hitungan detik. Era di mana panggung tinju kelas berat kembali gemerlap sejak ditinggalkan oleh Muhammad Ali.  

Tyson pensiun pada tahun 2005 setelah kariernya terus menurun seiring kehidupan yang tidak terkendali. Nama baiknya juga sempat tercemar oleh insiden melawan Evander Holyfield. Mike Tyson tak hanya kalah, tapi juga kehilangan lisensi bertanding akibat mengigit telinga Holyfield. 

Mantan petinju kelas berat, George Foreman, menganggap kembalinya Mike Tyson hanyalah "kegilaan sementara". Menurutnya, duel melawan Jones Jr ibarat pelaut tua yang merindukan masa lalunya. Walau terasa menyenangkan, kenyataan yang dihadapi terkadang tidak seperti yang diharapkan. 

"Sepertinya semua terlihat damai, menyenangkan, jadi dia ingin melakukan itu. Lalu dia pergi dan ombak besar mulai datang dan lautan bergejolak, hujan mulai turun dan angin bertiup kencang. Lalu dia pun bertanya, 'Tuhan, kenapa aku melakukan ini semua,'," ujar Foreman baru-baru ini.

"Ini terjadi kepada banyak dari kita. Dan Anda akhirnya menyadari Anda seharusnya tetap berada di tanah kering di mana semuanya aman dan nyaman. Satu hal yang berat ketika Anda memutuskan kembali lagi, Anda ingat apa yang seharusnya bisa Anda lakukan saat ini," kata Foreman.

Kedua petinju telah melakukan penimbangan, Sabtu (28/11/2020) WIB. Mike Tyson yang sudah berusia  54 tahun berhasil menurunkan berat badannya ke angka 99,97 kg. Sementara lawannya, Roy Jones Jr, yang terpaut tiga tahun lebih muda, memiliki bobot lebih ringan, yakni 95,2 kg.  

Hasil ini menunjukkan kalau kedua petinju benar-benar siap untuk tampil. Tyson bahkan sudah kehilangan 30 kg demi mendapatkan berat ideal tampil di kelas berat. Latihan demi latihan yang dilakukannya juga sudah memperlihatkan hasil. Meski tidak 100 persen, kekuatan pukulannya tetap menakutkan. Zab Judah mantan pemegang dua gelar juara dunia menjadi saksinya. Menurut judah, pukulan Mike Tyson telah merontokkan gigi salah satu lawan sparring partnernya saat latihan.

"Saya pikir Roy bisa mengatasi tamparan kecil. Dapur itu akan sangat panas," Tyson mengingatkan.

Namun Jones Jr yang pensiun 2008 lalu sudah siap meladeni Tyson. Meski sadar pukulan Si Leher Beton bisa 'membunuhnya' di atas ring, mantan juara dunia 4 kelas berbeda itu tidak gentar. 

"Saya tidak akan meladeninya di ronde pertama dan berusaha meraihnya seperti saya itu orang yang bodoh, dia seperti singa kuat," kata Jones Jr beberapa waktu lalu. "Tapi saya punya mental cheetah, yang artinya saya punya kecepatan. Kalau dia tidak cepat membunuhku, pantatnya akan jadi milikku." 

Di tengah kekhawatiran banyak pihak, apapun sepertinya masih mungkin terjadi. Apalagi, pihak promotor sepertinya tidak mau kehilangan pemasukan. Co-owner Triller, Ryan Kavanaugh seperti dilansir Express.co.uk menganggap pernyataan CSAS sebagai informasi yang keliru

"Bisa saja ada KO dan hanya akan ada satu pemenang. Siapapun yang bilang bakal tidak ada hakim atau pemenang, bisa jadi tak tahu aturan atau ada agenda lain. Tak perlu diragukan lagi, 100 persen."

Untuk menambah daya pikat pertarungan ini, pihak promotor juga menghadirkan duel-duel lain yang melibatkan pebasket NBA, selebgram hingga YouTuber. Jake Paul, YouTuber ternama bakal tampil melawan bintang NBA, Nate Robinson. Mereka akan bertarung 6 ronde di kelas cruiserweights.    

Semoga duel nostalgia ini tidak sampai kebablasan!

 

 

2 dari 5 halaman

Aturan Pertandingan

Versi CSAS:

- Pertandingan akan berlangsung sebanyak 8 ronde dengan durasi 2 menit setiap rondenya.

- Kedua petinju tidak akan mengenakan pelindung kepala

- Mike Tyson dan Roy Jones Jr akan mengenakan sarung tinju seberat 12 ons

- Jika salah satu petinju terluka parah, pertandingan bakal dihentikan

- Tidak ada pemenang dan tidak ada juri yang menghitung skor ronde demi ronde

- Sabuk juara Frontline Heavyweight  tidak akan diberikan kepada satu petinju saja

- Mike Tyson dan Roy Jones Jr akan menjalani pemeriksaan medis terlebih dulu dan kedua atlet juga harus melewati tes VADA (Voluntary Anti-Doping Agency) sebelum memasuki arena pertarungan.

Versi Promotor

- Hanya ada satu pemenang

- Kemenangan KO masih mungkin terjadi

- Penghitungan skor dilakukan juri dari WBC

3 dari 5 halaman

Susunan Pertandingan dan Hasil Penimbangan

Partai Utama

Mike Tyson vs Roy Jones Jr, WBC Frontline Championship

Jake Paul vs Nate Robinson (cruiserweight)

Badou Jack vs Blake McKernan (light heavyweight)

Viddal Riley vs Rashad Coulter (cruiserweights)

 

Partai Tambahan

Jamaine Ortiz vs Nahir Albright (lightweight)

Irvin Gonzalez Jr. vs Edward Vasquez (featherweight)

Juiseppe Cusumano vs. Nick Jones (heavyweight)

 

Venue: Staples Center, Los Angeles

Promoter: Triller

TV: PPV

Anda dapat menyaksikan pertandingan Mike Tyson vs Roy Jones Jr lewat live streaming pada tautan ini... 

4 dari 5 halaman

Tale of Tape

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini