Sukses

Tendang Jorge Lorenzo, Yamaha Tunjuk Cal Crutchlow Jadi Penguji di MotoGP 2021

Apa alasan Yamaha menunjuk Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji pada MotoGP 2021?

Liputan6.com, Valencia - Yamaha resmi menunjuk Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji pada MotoGP 2021. Crutchlow menggantikan Jorge Lorenzo.

Crutchlow dalam posisi bebas karena tidak diperpanjang LCR Honda, yang bakal mengandalkan Alex Marquez dan Takaaki Nakagami pada musim depan.

"Dia bakal ambil bagian pada tes di Sepang, 14-16 Februari 2021, diikuti kesempatan-kesempatan lain di masa depan. Pengalaman 10 tahun di MotoGP plus mengendarai tiga pabrikan membuatnya sebagai sosok ideal untuk posisi ini," tulis keterangan resmi Yamaha.

"Crutchlow bisa menjadi pembalap wildcard jika kami rasa butuhkan. Dia juga dapat jadi pengganti jika salah satu pembalap kami melewatkan balapan karena cedera."

Yamaha gagal memaksimalkan Lorenzo pada MotoGP 2020. Dia hanya dua kali tampil pada tes musim ini. Juara dunia lima kali itu dilaporkan bakal pergi ke Aprilia untuk posisi sama.

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sukses di Honda

Crutchlow menjadi juara dunia 2009 Supersport bersama Yamaha. Dia kemudian tampil di tiga balapan Superbike sebelum direkrut Tech3 Yamaha mulai musim 2011. Tampil tiga musim, pembalap asal Inggris itu sukses enam kali naik podium.

Sosok asal Inggris itu lalu menghabiskan semusim di Ducati sebelum pergi ke LCR Honda. Di tim satelit itu, dia mengoleksi tiga kemenangan serta 12 kali naik podium.

3 dari 3 halaman

Sambutan Lin Jarvis

Direktur Pelaksana Yamaha Lin Jarvis menyambut kehadiran Crutchlow. Dia yakin pengalamannya bakal berguna bagi Yamaha untuk persaingan sengit musim depan.

"Saya masih ingat hari pertama dia tiba di Yamaha sebagai juara Supersport. Kini sarat ilmu, kami yakin Crutchlow bakal membantu mengembangkan YZR-M1," ungkap Jarvis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.