Sukses

Menanti Pemenang ke-10 di MotoGP 2020, Siapa Susul Joan Mir?

MotoGP 2020 menghadirkan sembilan pemenang balapan, menyamai rekor terbanyak sebelumnya pada 2016.

Liputan6.com, Valencia - MotoGP 2020 menyamai rekor musim 2016 usai seri Eropa di Sirkuit Ricardo Tomo, Minggu (8/11/2020). Joan Mir dari Suzuki Ecstar menjadi pemenang kesembilan pada musim ini.

Jumlah tersebut mengulang apa yang terjadi pada persaingan empat tahun lalu. Bedanya, sembilan pemenang muncul dari 18 seri. Sedangkan MotoGP 2020 menghadirkan 14 balapan.

Menyisakan dua ajang, rekor baru kini berpotensi tercipta. Kesuksesan nama baru menguasai podium teratas akan membuat kompetisi musim ini paling beragam.

Sebelumnya Joan Mir mengikuti jejak Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), Brad Binder (KTM), Andrea Dovizioso (Ducati), Miguel Oliveira (KTM Tech3), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Danilo Petrucci (Ducati), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Di antara mereka, hanya Quartararo dan Morbidelli yang memenangkan balapan lebih dari sekali pada MotoGP 2020.

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

11 Pemenang?

Jangankan mencari pemenang ke-10, MotoGP 2020 bahkan berpotensi menghadirkan 11 juara balapan. Skenario tersebut tetap terbuka melihat begitu terbukanya persaingan musim ini.

Beberapa nama yang berpeluang masuk daftar juara adalah Pol Espargaro (KTM), Jack Miller (Pramac Racing), dan Takaaki Nakagami (LCR Honda).

3 dari 4 halaman

Kandidat Lain

Sementara Alex Marquez (Repsol Honda), Johann Zarco (Esponsorama Racing), dan Francesco Bagnaia (Pramac Racing) punya potensi.

Jangan lupakan pula Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) yang punya pengalaman segudang. Bahkan Marc Marquez juga bisa masuk daftar jika pulih dari cedera.

4 dari 4 halaman

Musim 2016

Pada 2016, pemenang balapan adalah Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Jack Miller.

Pemenang kesembilan hadir pada seri ke-17 pada MotoGP 2016. Dovizioso keluar sebagai yang tercepat di Malaysia. Sementara ajang terakhir di Valencia dikuasai Lorenzo yang sebelumnya berjaya di Qatar, Prancis, dan Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.