Sukses

PSSI Resmi Hentikan Kompetisi Tahun Ini, Berlanjut Awal 2021

Liputan6.com, Jakarta - PSSI resmi menunda seluruh gelaran 2020. Rapat Komite Eksekutif PSSI, Rabu (28/20/2020) memutuskan kompetisi bakal dilanjutkan awal tahun depan.

"Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan penundaan seluruh kompetisi yakni Liga 1, 2, dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dikutip situs resmi federasi.

"PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut," tambah Yunus Nusi.

Semula PSSI berencana melanjutkan kembali bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 pada Oktober ini. Namun, kompetisi kembali diundur karena kepolisian belum memberikan izin.

PSSI berharap kompetisi dapat bergulir dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi Covid-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi sudah dibuat dan diberikan kepada klub.

2 dari 4 halaman

3 Opsi

Menyusul penundaan bulan ini, PSSI menyiapkan tiga opsi yakni dimulainya kompetisi pada November 2020, Desember 2020, atau Januari 2021. Keputusan teranyar menandakan federasi mengambil pilihan terakhir.

Namun, format kompetisi kemungkinan berubah karena keterbatasan waktu. Pasalnya, PSSI memiliki agenda penting yakni perhelatan Piala Dunia U-20 2021 pada Mei-Juni.

 

3 dari 4 halaman

Vakum Sejak Maret

Liga 1 2020 selaku kasta tertinggi berhenti sejak Maret. Kompetisi baru bergulir tiga pertandingan. Persib Bandung untuk sementara memimpin dengan rekor sempurna.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video PSSI Berikut Ini