Sukses

Liga 1 2020 Tanpa Penonton, Gelandang Persib Kim Kurniawan Mengerti Perasaan Bobotoh

Kim Jeffrey Kurniawan memberikan yang terbaik untuk Persib dan bobotoh saat Liga 1 2020 kembali bergulir.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan siap melanjutkan Shopee Liga 1 2020 pada Oktober mendatang. Walau laga berlangsung tanpa penonton, Kim mengaku tetap akan memberikan yang terbaik untuk tim dan suporter yang mendukung dari jauh.

“Pastinya akan ada yang berkurang karena tidak adanya suporter di stadion. Namun, karena situasi yang tidak memungkinan, kesehatan akan menjadi prioritas. Saya akan memberikan yang terbaik, karena para bobotoh pasti menonton dari rumah,” ujar Kim dalam bincang Corner Six bersama Liputan6.com, Jumat (04/08/2020).

Kim mengaku sangat mengerti bagaimana perasaan suporter apabila dilarang datang ke stadion. Ia paham akan kerinduan bobotoh untuk melihat Persib bertanding. Namun, dalam situasi pandemi seperti ini, kesehatan pemain dan suporter adalah yang utama.

Ia juga menyebut Indonesia bisa berkaca dari Jerman yang bisa melanjutkan kompetisi dengan aman. Di sana para suporter sangat bijak dan mendukung penuh upaya pemerintahnya memutus mata rantai Covid-19.

“Kita harus mengadaptasi kebiasaan baru, yaitu pertandingan sepak bola tanpa penonton. Nantinya masyarakat bisa menonton dari layar televisi untuk melepas kerinduan terhadap klub kesayangannya,” ungkap Kim.

Simak Video Persib Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suara Penonton di Stadion

Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menuturkan nantinya di stadion akan diberikan efek suara penonton. PT LIB selau operator pertandingan tengah menyusun hal tersebut.

“Kami sedang menyusun hal-hal menarik tanpa harus mengurangi esensi pertandingan. Rencananya, di setiap stadion akan diberikan efek suara-suara suporter agar stadion terasa lebih hidup,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa PT LIB akan berusaha melakukan yang terbaik supaya pertandingan tetap berjalan seru. Nantinya, siaran langsung di televisi pun akan diberikan efek suara penonton agar lebih seru.

3 dari 3 halaman

Gelar Laga Persahabatan

Persib akan menggelar laga persahabatan kontra Tira Persikabo besok, Sabtu (05/09/2020). Laga ini jadi ajang untuk mematangkan skema permainan jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020.

Laga yang akan dilaksanakan di Bandung ini akan dilakukan sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Nantinya, seluruh perangkat pertandingan akan melakukan tes rapid satu hari sebelum pertandingan.

Harapannya, laga ini bisa dimanfaatkan skuad Persib untuk meningkatkan mentalitas bertanding dan mengukur sejauh mana kemampuan fisik setelah beberapa pekan latihan.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.