Sukses

Kemenpora dan IESPL Gelar Piala Menpora Esports 2020

Piala Menpora Esports 2020 sebagai wadah kompetisi esports yang diikuti oleh kelompok pelajar dan mahasiswa di tengah pandemi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar Piala Menpora Esports 2020 Axis. Ajang tersebut sebagai wadah kompetisi esports yang diikuti oleh kelompok pelajar dan mahasiswa.

"Piala Menpora Esports 2020 yang digagas oleh Pak Menteri Zainudin Amali merupakan bentuk implementasi dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan esports di Indonesia," kata Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto dalam acara bincang media Esports di Tengah Pandemi yang digelar secara virtual, Selasa (4/8/2020).

"Pesan dari kegiatan ini sangat jelas, yaitu pemerintah akan selalu mendukung olahraga yang memiliki talenta dan kelak dapat mengharumkan nama bangsa," lanjutnya.

Dalam menggelar kompetisi ini, Kemenpora bermitra dengan Indonesia Esports Premiere League (IESPL). Giring Ganesha selaku Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 mengatakan kompetisi ini secara khusus dimaksudkan untuk menjaring talenta-talenta muda esports Indonesia.

 

Saksikan Video Esports di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Digelar Secara Online

Dengan kondisi pandemi corona Covid-19 dan mengikuti protokol kesehatan, maka seluruh rangkaian Piala Menpora Esports 2020 akan digelar secara online.

"Saya berterima kasih kepada Pak Menpora atas kepercayaannya ditunjuk sebagai penyelenggara Piala Menpora Esports 2020. Dari banyak diskusi, saya tahu Pak Menpora sangat mendukung sekali kemajuan esports Indonesia," ucap Giring Ganesha.

"Pak Menpora menekankan bahwa kegiatan ini harus dijalankan dengan tiga elemen, yakni mencari bibit baru, mengadakan pertandingan yang aman di tengah pandemi, dan tetap mensosialisasikan bahaya Covid-19."

"Ini yang akan menjadi patokan kami dalam penyelenggaraan Piala menpora Esports 2020," ucap Giring Ganesha.

3 dari 3 halaman

Target lebih dari 10 ribu atlet

Piala Menpora Esports 2020merupakan kompetisi esports hasil kolaborasi antara Kemenpora, IESPL, dan AXIS. Kompetisi bertujuan untuk melahirkan talenta-talenta muda.

Kompetisi ini menyasar generasi muda yang masih duduk di bangku SMP, SMA dan universitas. Ditargetkan kompetisi ini diikuti sebanyak lebih dari 10 ribu atlet yang tergabung dalam 2.048 tim esports.

Mereka akan berjuang membela nama institusi pendidikan masing-masing dan bersaing meraih gelar juara. "Kami mulai kick off pada 17 Agustus. Sementara babak kualifikasi dimulai pada 3-4 Oktober," kata Giring.

Piala Menpora Esports 2020 akan mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA. Di game ini, para pemain akan bertanding 5 vs 5 dalam gelaran Piala Menpora Esports 2020 Axis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.