Sukses

Menpora Prioritaskan Sportourism di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali bakal mengembangkan sportourism di Indonesia saat pandemi virus corona covid-19. Dia juga kagum dengan Menpora Thailand dan negara Filipina yang sudah lebih awal menyadari pentingnya sportourism.

Hal tersebut dikatakan Menpora daal Webminar via Zoom, Rabu (15/7/2020). Dia meyakini kalau sportourism bisa menjadi pemasukan yang besar untuk Indonesia di tengah pandemi virus corona covid-19.

"Negara lain sudah mendorong sporturism menjadi pemasukan, devisa yang masuk sangat signifikan. Pada saat SEA Games di Filipina, mereka menyiapkan benar untuk mendorong sporturism. Filipina bahkan sangat tergantung dengan sportourism. Mereka sadar kalau sportourism menjanjikan," kata menteri asal Gorontalo tersebut.

Lebih lanjut, Zainudin Amali mengatakan, dia sempat berbincang dengan Menpora Thailand soal sportourism. Zainudin Amali pun mengaku kagum dengan cara Thailand mengelola sportourism.

"Saya dibuat kagum dengan Menpora Thailand. Dia menjual paket-paket olahraga. Dia juga menjual olahraga petualangan, misalnya orang main golf, di Thailand dijual paket untuk main beberapa hari, mulai alat hingga akomodasinya," ujar Menpora yang merupakan polistisi Partai Golongan Karya itu.

2 dari 4 halaman

Indonesia Bisa Meniru

Menpora mengatakan, Indonesia akan meniru cara Thailand mengembangkan sportourism. Pihaknya, kata Zainudin Amali, sedang merencanakan hal tersebut dan bakal dimulai pada 2021.

"Sportourism bisa menjadi andalan pemasukan devisa untuk negara. Kita harus tunjukan ke negara luar kalau Indonesia bisa dikunjungi dan layak dikunjungi lama-lama," ucapnya.

Namun itu mewujudkan sportourism, Kemenpora butuh kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Kita harus kerja sama dengan Kemenparekraf. Kemenpora tidak mungkin kerja sendiri menggarap olahraga. Kita sesama pemerintah harus bersinergi agar bisa maju," kata Zainudin Amali menegaskan.

 

3 dari 4 halaman

Utamakan Protokol Kesehatan

Namun, Menpora juga mengingatkan, sportourism juga harus mengikuti aturan protokol kesehatan. Hal itu penting karena Indonesia masih berada di tengah pandemi virus corona covid-19.

"Sekarang ini, new normal ada penyesuaian, baik, pra kegiatan, kegiatan, pasca kegiatan, supaya tidak jadi cluster baru virus corona. Tanpa disiplin atau protokol kesehatan, bakal memunculkan claster baru covid-19."

"Kita harus memutus mata rantai virus ini. Di satu sisi, kita mengaktifkan kepariwisataan yang menghidupkan ekonomi masyarakat, di sisi lain kita juga harus memutus mata rantai virus ini," ujarnya mengakhiri.

4 dari 4 halaman

Saksikan video Menpora di bawah ini: