Sukses

Timnas Indonesia U-16 Siapkan Uji Coba Internasional Sebelum ke Bahrain

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti menyiapkan sejumlah agenda uji coba internasional sebelum membawa pasukannya mengikuti Piala AFC U-16 2020 di Bahrain. Kompetisi itu bakal berlangsung pada 16 September hingga 3 Oktober 2020.

Sesuai dengan hasil undian yang dilakukan pada Kamis (18/6/2020), pasukan Bima Sakti tergabung di Grup D. Timnas Indonesia U-16 berada di satu grup bersama Tiongkok, Arab Saudi, dan Jepang.

Dari ketiga negara di Grup D, Garuda Asia, sebutan Timnas Indonesia U-16, pernah berjumpa Tiongkok. Ketika itu, pada 22 September 2019, Timnas Indonesia U-16 menahan imbang Tiongkok dengan skor imbang 0-0.

Hasil imbang tersebut meloloskan Timnas Indonesia U-16 ke Bahrain dengan status sebagai runner up Grup G babak Kualifikasi Piala AFC U-16. Skuat Garuda mengumpulkan 10 poin.

Melihat lawan tandingnya merupakan raksasa Asia, Bima Sakti pun menyiapkan uji coba internasional. "Awalnya, uji coba internasional kita buat pada Agustus dan September," kata Bima Sakti melalui Zoom, Sabtu (11/7/2020).

"Namun, setelah komunikasi dengan Indra Sjafri (direktur teknik PSSI), kemungkinan di bulan Oktober kita keluar negeri untuk uji coba," ujar pelatih Timnas Indonesia U-16 berusia 44 tahun itu melanjutkan.

 

2 dari 4 halaman

Calon Lawan

Lebih lanjut, Bima Sakti mengatakan kepada wartawan, tim pelatih Timnas Indonesia U-16 akan mencari lawan-lawan yang punya gaya bermain dengan negara yang berada di Grup D Piala AFC U-16.

"Saya sudah sampaikan calon lawannya, yakni Korea Selatan, Korea Utara, yang sama seperti Jepang. Kalau Arab Saudi, kita bisa lawan Uni Emirat Arab dan Yordania," ucap Bima Sakti.

"Kami juga sudah berkomunikasi dengan federasi sepak bola Yordania. Semoga saja beberapa bulan ke depan Yordania mau diundang ke Indonesia. Saya harap mereka bisa menjadi gambaran untuk kami melawan Arab Saudi," kata eks pemain Persiba Balikpapan itu.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-16

Jumat, 27 November 2020

Indonesia vs Arab Saudi

Senin, 30 November 2020

China vs Indonesia

Kamis, 3 Desember 2020

Jepang vs Indonesia

4 dari 4 halaman

Saksikan video Timnas Indonesia U-16 di bawah ini: