Sukses

Ilija Spasojevic dalam Angka, Mesin Gol Pengoleksi Banyak Gelar

Jakarta - Ilija Spasojevic adalah penyerang tajam di Indonesia. Predikat tersebut didapat berkat penampilan gemilang yang dimilikinya.

Labbola bahkan tak ragu melabeli Ilija Spasojevic sebagai penyerang terlengkap di Liga 1. Spasojevic menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak gawang ke 20 tim berbeda.

Gawang Madura United dan Perseru Badak Lampung menjadi yang paling sering dibobol Spasojevic. Pemain berpostur 187 cm itu telah mencetak empat gol ke masing-masing klub tersebut.

Selain itu, Spasojevic sukses mencetak masing-masing tiga gol ke gawang Persela Lamongan, Borneo FC, dan Sriwijaya FC. Kemudian dua gol ke gawang Persikabo, Persebaya Surabaya, dan Persib Bandung.

Adapun 11 klub lainnya yang gawangnya juga dibobol Spasojevic adalah PSIS Semarang, Barito Putera, PSMS Medan, Kalteng Putra, Arema FC, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, PSS Sleman, Persija Jakarta, Persegres Gresik United, dan Mitra Kukar.

Pencapaian itu hanyalah sedikit dari prestasi yang diraih Ilija Spasojevic dalam karier sepak bolanya. Lantas, seperti apa perjalanan karier Spasojevic jika dikerucutkan dalam angka-angka?

2 dari 7 halaman

17

Ilija Spasojevic mengawali karier profesionalnya sebagai pesepak bola pada usia 17 tahun. Ketika itu, Spasojevic bergabung dengan klub Serbia, Vojvodina.

Namun, Spasojevic gagal tampil sekalipun pada laga liga. Setahun berselang, Spasojevic bergabung dengan klub Montenegro, Sutjeska Niksic, dan sukses mencatatkan 17 pertandingan dan tujuh gol dalam semusim.

3 dari 7 halaman

24

Pada usia 24 tahun, Ilija Spasojevic memberanikan diri hijrah ke Indonesia. Ketika itu, Spasojevic bergabung dengan Bali Devata di Liga Primer Indonesia.

Dalam semusim, Spasojevic tampil tajam dan mampu mencetak delapan gol dalam 14 laga. Ini menjadi awal karier Spasojevic di Indonesia.

4 dari 7 halaman

15

Ketajaman Spasojevic semakin terasah ketika membela PSM Makassar pada 2011. Spasojevic berhasil mencetak 15 gol dalam 27 pertandingan bersama Juku Eja.

Setelah itu, Spasojevic semakin melebarkan sayapnya di sepak bola Indonesia. Spaso kemudian bergabung bersama Mitra Kukar, Persisam Putra Samarinda, hingga Persib Bandung,

5 dari 7 halaman

27

Spasojevic sempat menjajal Liga Primer Malaysia pada 2016. Ketika itu, Spaso bergabung dengan Melaka United.

Spasojevic berhasil mencetak 27 gol dalam 33 laga. Pencapaian itu membuat Spaso meraih dua penghargaan sepatu emas di Malaysia.

6 dari 7 halaman

2017

Ilija Spasojevic mengucap sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2017. Setelah itu, Spajevic berhasil menembus Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Spasojevic telah tampil sebanyak empat kali dan mencetak tiga gol. Spasojevic juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-22 yang berlaga di Asian Games 2018 dan tampil sebanyak dua kali.

7 dari 7 halaman

7

Sepanjang karier Ilija Spasojevic merupakan pemain yang bergelimang gelar. Spasojevic pernah meraih gelar Liga Georgia 2007-2008 bersama Dinamo Tbilisi.

Spaso juga mempersembahkan trofi Piala Georgia dan Piala Super Georgia. Adapun di Malaysia, Spasojevic berhasil memberikan gelar Malaysia Premier League 2016 untuk Melaka United.

Sementara itu, Ilija Spasojevic sejauh ini sudah meraih dua gelar liga di Indonesia. Pencapaian itu diraih Spasojevic bersama Bhayangkara FC di Liga 1 2017 dan Bali United pada Liga 1 2019. Selain itu, Spasojevic juga pernah mempersembahkan gelar Piala Presiden 2015 untuk Persib Bandung.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap / Yus Mei Sawitri)