Sukses

Persib Bandung Nantikan Tanggal Pasti Bergullirnya Shopee Liga 1 2020

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung menantikan tanggal pasti bergulirnya kembali Shopee Liga 1 2020. Dengan begitu, Maung Bandung bisa mempersiapkan diri secara maksimal.

PSSI pekan lalu menyatakan mengeluarkan lampu hijau bakal memulai kompetisi yang terhenti sejak Maret karena pandemi virus Corona.

"Sekarang kita menunggu konfirmasi tanggal pasti liga akan dilanjutkan. Kemudian itu akan menjadi perhitungan dalam perencanaan, berapa pekan yang kita miliki sebelum kita bertanding kembali," ungkap pelatih Persib Robert Rene Alberts, dikutip situs resmi klub.

Robert mengatakan kepastian waktu akan berpengaruh kepada persiapan tim. Apalagi hingga saat ini para pemain masih berada di kampung halaman masing-masing.

Persib merupakan salah satu klub yang bersikeras agar kompetisi kembali dilanjutkan. Menurut pelatih asal Belanda ini, keberlanjutan liga bukan hanya kepentingan klub semata, tapi bakal berpengaruh terhadap persiapan timnas Indonesia dalam menghadapi berbagai ajang dalam kalender resmi FIFA.

"Kompetisi juga bagus bagi tim nasional Indonesia yang membutuhkan persiapan untuk menatap tantangan di musim ini," katanya.

2 dari 3 halaman

Rencana PSSI

Dalam rapat Komite Eksekutif, Rabu (17/6/2020), PSSI resmi memutuskan Shopee Liga 1 dan Liga 2 I2020, yang berhenti sejak Maret karena pandemi Covid-19, akan dilanjutkan.

Namun, belum ada kepastian soal tanggal dimulainya kompetisi. PSSI hanya menyebut kedua kompetisi berlangsung kembali mulai September atau Oktober.

Terkait lanjutan liga, PSSI menyarankan agar pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa demi menekan penyebaran Covid-19. Tapi, belum ada juga penentuan lokasi laga.

3 dari 3 halaman

Pemuncak Klasemen

Shopee Liga 1 2020 rencananya akan dilanjutkan dengan format semusim penuh. Sementara Liga 2 2020 menggunakan format "home tournament".

Persib saat ini memimpin klasemen sementara dengan raihan sembilan angka dari tiga pertandingan. Mereka unggul dua poin atas pesaing terdekat sekaligus juara bertahan Bali United.