Sukses

Kriteria Pemain Ideal Versi Andres Iniesta: Gabungan 4 Pemain Legenda

Andres Iniesta bahkan menjadi pahlawan keberhasilan Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 lewat gol tunggalnya ke gawang Belanda di laga final.

Jakarta - Andres Iniesta hingga saat ini masih aktif bermain di Jepang bersama Vissel Kobe. Ia berada di Jepang sejak 2018 setelah menghabiskan sekitar 16 tahun berseragam Barcelona dan mempersembahkan begitu banyak gelar juara untuk tim Catalan tersebut.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan La Liga, Andres Iniesta mengungkapkan begitu banyak hal terkait pengalamannya di dunia sepak bola, termasuk pemain-pemain yang menjadi idolanya dan juga mereka yang memiliki kemampuan istimewa di lapangan hijau.

Namun, ketika menjawab pertanyaan terkait pemain sepak bola ideal menurutnya, Iniesta tanpa ragu menggabungkan dua mantan rekan setimnya, Lionel Messi dan Xavi Hernandes, serta dua mantan rivalnya, Sergio Ramos dan Cristiano Ronaldo, karena keunggulan masing-masing pemain.

"Menurut saya, pemain yang ideal adalah memiliki kaki kiri Leo, kaki kanan Xavi, kemampuan menyundul bola Ramos, dan kebugaran yang dimiliki Cristiano," ujar Iniesta.

Iniesta juga mengungkapkan pendapatnya bahwa La Liga selalu melahirkan pemain berposisi gelandang yang hebat ketika dirinya masih aktif bermain di kasta tertinggi Liga Spanyol itu. Ketika ditanya mengenai gelandang favoritnya, Iniesta punya sejumlah nama.

"Ada banyak gelandang hebat di La Liga, tapi bagi saya Busquets, Rakitic, serta pemain baru seperti Arthur dan de Jong adalah yang terbaik. Santi Cazorla menurut saya juga merupakan gelandang yang hebat," ujar Andres Iniesta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Panutan

Selama kurang lebih 16 tahun bersama Barcelona, Iniesta telah merasakan begitu banyak momentum mengangkat trofi juara. 9 trofi juara La Liga, 6 trofi Copa del Rey, 7 gelar juara Piala Super Spanyol, 4 trofi juara Liga Champions, 3 trofi juara Piala Super Eropa, dan 3 trofi Piala Dunia Antarklub, jadi bukti kebesaran Andres Iniesta.

Andres Iniesta bahkan menjadi pahlawan keberhasilan Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 lewat gol tunggalnya ke gawang Belanda di laga final.

Sebagai pemain yang meninggalkan begitu banyak legacy bagi sepak bola dunia, Andres Iniesta tentu menjadi role model bagi banyak pesepak bola muda, termasuk Evan Dimas di Indonesia, yang mengakui bahwa permainannya terinspirasi dari Iniesta.

Namun, siapa yang justru menjadi role model bagi Iniesta ketika dirinya masih muda?

"Saya selalu mengidolakan Laudrup dan Guardiola. Mereka merupakan pemain yang sering saya jadikan sebagai panutan. Gaya bermain keduanya saya jadikan dasar untuk permainan saya," ujar Iniesta.

"saya meniru sebanyak mungkin sembari menemukan gaya saya sendiri. Bagi saya, sebagai pemain mereka merupakan panutan saat saya masih muda," tegasnya.

Sumber: LaLiga

Disadur dari: Bola.com (penulis Benediktus G, published 6/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.