Sukses

Pelatih Barcelona Tanggapi Negatif Aturan Pergantian Lima Pemain di Liga Spanyol

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Quique Setien menilai rencana pergantian lima pemain merugikan timnya. Pasalnya, sistem itu tidak cocok dengan gaya bermain Barcelona.

"Saya tidak tahu apakah itu akan berdampak negatif atau menguntungkan kami. Saya kira itu akan merugikan karena cara bermain kami," kata Setien seperti dilansir Sportskeeda.

Liga Spanyol musim 2019/20 bakal bergulir lagi pertengahan Juni nanti. Sebelumnya, kompetisi terpaksa berhenti sejak Maret lantaran pandemi virus corona covid-19.

Namun pandemi virus corona di Spanyol kini telah mereda. Operator Liga Spanyol pun berinisiatif memulai lagi kompetisi, yang kemudian disetujui oleh pemerintah.

Hanya saja, ada sejumlah aturan yang harus diterapkan demi menjaga keselamatan para pemain. Salah satu yang diajukan adalah pergantian lima pemain dalam satu pertandingan.

Aturan itu juga diajukan demi mensiasati jadwal padat. Sebelumnya, operator memang merapatkan jadwal agar musim ini bisa tuntas secepatnya.

 

2 dari 3 halaman

Beri Tenaga Segar

Setien menambahkan, pergantian lima pemain memungkinkan tim lawan untuk mengisi tenaga kembali. Padahal, Barcelona terbiasa tampil maksimal di menit-menit akhir pertandingan.

"Kami tahu, banyak pertandingan akan dituntaskan di menit terakhir. Jika anda memberi rival kesempatan memasukan pemain yang lebih segar, kelemahan yang diambil dari pemain yang lelah tidak muncul," kata Setien.

3 dari 3 halaman

Banyak yang Cedera

Lebih lanjut, Setien memprediksi akan ada banyak cedera yang terjadi. Pasalnya, para pemain sudah rehat lebih dari dua bulan.

"Akan ada banyak pertandingan dalam waktu singkat. Itu akan memengaruhi performa dan memunculkan cedera para pemain," kata Setien mengakhiri.