Sukses

Liga 1: Bhayangkara FC Ungguli Bali United dan Persija soal Rekor Laga Tandang

Bhayangkara FC ternyata memiliki rekor pertandingan tandang yang apik di Liga 1, mengungguli Bali United dan Persija.

Jakarta - Pertandingan laga tandang selalu tak mudah buat tim manapun. Namun, ada tim Liga 1 yang mampu meraup banyak poin dalam laga yang digelar di markas lawan.

Predikat tim yang paling banyak mencuri poin dari kandang lawan dimiliki Bhayangkara FC. Sejak Liga 1 2017, Bhayangkara FC sudah mengumpulkan 80 poin dari laga tandang.

Rinciannya adalah klub berjuluk The Guardians itu berhasil meraih 24 kemenangan, 8 kali imbang, dan 21 kali kalah dari jumlah 52 laga yang dimainkan. Bhayangkara FC mencetak 77 gol di kandang lawan, namun kemasukan 74 kali.

Ketangguhan Bhayangkara FC di kandang lawan berbuah 1 trofi di Liga 1 2017. Ketika itu, pasukan Simon McMenemy berhasil menjelma menjadi tim tangguh, tidak hanya di kandang melainkan saat menjalani laga tandang. Bhayangkara FC ketika itu berhasil memenangi sembilan pertandingan, meraih dua kali imbang, dan enam kali kalah sebagai tim tamu.

"Ini masalah mental dan bisa dilatih bagaimana mereka mengatasi hal ini. Ketika mereka sudah tahu, itu akan membuat pemain merasa percaya diri ketika bermain," kata Simon McMenemy ketika itu.

Pada Liga 1 2018, Bhayangkara FC juga berhasil mendulang banyak kemenangan dalam laga tandang, yakni sebanyak 7 kali. Namun, jumlah catatan kekalahan juga banyak yakni mencapai 10 kali.

Adapun pada Liga 1 2019, Bhayangkara FC yang sudah diasuh Paul Munster juga berhasil mempertahankan tren tangguh di kandang lawan. Klub berjuluk The Guardians itu memenangi delapan laga dari 17 laga tandang dan menjadi klub yang paling banyak mencuri poin di markas lawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diikuti Bali United dan Persija

Sementara itu, di bawah Bhayangkara FC ada Bali United yang berhasil mengumpulkan 63 poin dari laga tandang di Liga 1. Jumlah tersebut dikumpulkan berkat 16 kemenangan, 15 kali imbang, dan 21 kali.

Bali United tercatat mencetak 60 gol dan kemasukan 73 kali. Ketangguhan Bali United dalam laga tandang terbukti sejalan dengan prestasi di liga.

Pada 2017, Bali United berhasil menjadi runner-up liga. Adapun titik kesuksesan Bali United terjadi pada 2019 di bawah asuhan Stefano Cugurra Teco ketika menjuarai liga.

Sementara itu, Persija Jakarta menghuni peringkat ketiga sebagai tim dengan jumlah poin tandang terbanyak sepanjang Liga 1. Klub ibu kota meraih 62 poin hasil 15 kemenangan, 17 kali imbang, dan 20 kali kalah.

Persija tercatat mampu mencetak 63 gol dari 52 laga di kandang lawan. Namun, Persija harus kebobolan 69 kali sampai musim ini. Pencapaian tersebut cukup mengesankan mengingat mental Persija sudah terasah karena menjadi tim musafir pada Liga 1 2018.

Jadi, laga kandang dan tandang yang dimiliki Persija Jakarta ketika itu sama saja. Pelatih Stefano Cugurra Teco menyebut mental pemainnya luar biasa.

Maklum, pada 2018 Persija menjadi tim musafir yang bermain berpindah-pindah stadion, mulai dari Sultan Agung (Bantul), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Pakansari (Bogor), hingga Stadion PTIK (Jakarta).

"Tahun ini tidak mudah bagi kami. Kami tidak punya homebase dan stadion sendiri, tapi pemain punya mental luar biasa untuk bertanding di luar Jakarta. Bersyukur pemain punya mental luar biasa. Saya pikir ini kerja keras yang luar biasa," ucap pelatih asal Brasil itu.

3 dari 3 halaman

Klasemen Tandang Liga 1

Sumber: Labbola

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo P., published 22/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini