Sukses

Gelandang Naturalisasi Persib Batasi Opor saat Rayakan Lebaran

Jakarta - Gelandang Persib Bandung Esteban Vizcarra berencana merayakan Idul Fitri 1441 H di Bandung. Pemain naturalisasi berdarah Argentina itu tidak akan meninggalkan rumah.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan ke pemerintah Jawa Barat yang kembali melanjutkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) untuk memutus penyebaran virus Corona yang terlihat belum ada tanda-tanda mereda dalam waktu dekat.

Jauh-jauh hari Pemerintah Jawa Barat dan Kota Bandung telah menerapkan aturan untuk menjaga jarak dan tidak ke luar rumah, tidak mudik, dan bersilaturahmi langsung saat lebaran.

"Karena tidak boleh ada kumpul-kumpul, jadi lebaran sama anak dan istri di rumah. Kebiasaan mengunjungi kerabat dekat tahun ini terpaksa kami tiadakan," kata pengawa Persib itu.

Biasanya ia dan anak istrinya mudik ke Bogor untuk merayakan Idul Fitri. Sejak menikahi Resti Ayu Ferdina pada 2012 lalu, ayah dari Alex Roman Vizcarra itu memutuskan memeluk agama Islam. Dia pun turut menjalani ibadah puasa.

Sang istri bersiap memasakkan makanan kesukaan sang mantan pemain Arema FC dan Semen Padang itu.

"Lebaran adalah momen yang bagus untuk berkumpul dengan keluarga. Untuk makanan kesukaan ada banyak, salah satunya ketupat dengan opor ayam. Saya enggak sabar menanti menu makanan satu ini yang diracik langsung oleh istri," ujarnya.

Namun, bukan berarti Vizcarra juga asal mengunyah aneka makanan saat Lebaran nanti. Ia membatasi dalam mengonsumsi makanan yang berminyak dan bersantan.

Selain menjaga profesionalitas sebagai pesepak bola, ia memang dapat wejangan dari pelatih Persib Robert Alberts untuk menjaga kebugaran dengan cara membatasi menu makanan tertentu.

"Mungkin saya akan lebih banyak  makan biskuit, roti, atau makanan kecil yang tak berlemak serta berminyak," ucap Vizcarra.

2 dari 2 halaman

Menu Wajib Berbuka Puasa

Hingga pekan terakhir ibadah puasa Esteban Vizcarra lancar. Ia mengaku berbuka puasa dengan kurma dan tak lupa memakan buah pisang.

Sebelum memakan kurma, biasanya Esteban berbuka dengan banyak minum air putih. Menurutnya dengan meminum banyak air dapat mengembalikan cairan tubuh yang terkuras setelah berpuasa.

Apalagi tak hanya menjalankan puasa, Esteban juga harus tetap melakukan latihan untuk menjaga kondisi fisiknya sesuai program yang telah diberikan oleh Persib.

Barulah setelah minum air meneral, Esteban memakan kurma untuk menu pembuka. "Minumnya lebih banyak air mineral dan kurma pastinya harus selalu ada. Saya bukan tipikal orang yang makan terlalu banyak saat berbuka puasa," kata pemain kelahiran 11 April 1986 itu.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Ario Yosia/Editor: Ario Yosia, published 21/5/2020)

Tubuh Nenek 62 Tahun Penuh Tato Jose Mourinho