Sukses

Barcelona Dinilai Hancur di Bawah Kepemimpinan Bartomeu

Mundurnya enam direktur Barcelona diyakini terkait kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Mereka tidak puas dengan Bartomeu.

Liputan6.com, Barcelona - Kandidat presiden baru Barcelona, Victor Font, dengan tegas mengkritik kebijakan Josep Maria Bartomeu. Ia menilai Bartomeu telah gagal di Camp Nou.

Situasi di internal Barcelona mulai memanas sejak awal musim 2019/2020 ini. Salah satu pemicu utamanya yakni kegagalan tim mendatangkan Neymar. Barcelona terbelah dalam beberapa klub.

Di tengah musim, situasi tidak juga membaik. Momen pemecatan Ernesto Valverde menjadi buktinya. Direktur Olahraga, Eric Abidal, menyebut ada andil besar pemain dalam pemecatan mantan pelatih Olympiakos.

Pendapat Eric Abidal kemudian dibantah Lionel Messi dan internal klub memanas. Belakangan, kasus yang lebih rumit terjadi. Enam direktur klub, yang juga anggota dewan klub, mengundurkan diri dari jabatannya di Barcelona.

Mundurnya enam direktur Barcelona diyakini terkait kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Mereka tidak puas dengan Bartomeu. Sedangkan, pihak Bartomeu hanya ingin bekerja dengan orang-orang yang berada satu visi dengannya.

"Barcelona menuju badai yang sempurna," tulis Victor Font dalam surat terbuka, dikutip dari Marca.

"Barcelona harus mengganti generasi pemain terbaik dalam sejarah klub, membangun dan membiayai Espai Barca dan bersaing melawan perusahaan dengan sumber daya keuangan yang hampir tak terbatas," tambah Victor Font.

Victor Font adalah kandidat kuat presiden baru Barcelona. Victor Font bakal bersaing dengan Bartomeu pada pemilihan presiden pada 2021 yang akan datang. Victor Font pun begitu vokal menyerang Bartomeu.

"Selama berbulan-bulan kami telah melihat insiden memalukan pada perilaku kelembagaan Barcelona, yang memuncak dalam beberapa hari terakhir dengan tuduhan serius yang dibuat di antara manajemen dan enam pengunduran diri secara tiba-tiba," kata Victor Font.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tawaran Barcelona Baru dari Victor Font

Layaknya seorang kandidat yang sedang berkampanye, Victor Font pun memberi tawaran solusi untuk Barcelona. Victor Font menilai Barcelona harus dibangun dari awal karena struktur yang dibangun Josep Maria Bartomeu dianggap tidak tepat.

"Anda harus mulai dari awal. Model manajemen dalam beberapa tahun terakhir tidak lagi berfungsi," kata Victor Font.

"Jelaskan dengan transparansi total situasi ekonomi di klub, serta total utang dan sejauh mana hal ini membatasi rencana jangka pendek. Transparansi maksimal dalam setiap pembelian atau penjualan pemain," kata Victor Font.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Spanyol

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.