Sukses

Usai Pakai Sepatu, Begini Caranya Biar Terhindar dari Virus Corona Covid-19

Pandemi virus corona covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir di seluru dunia. Tak heran kecemasan semua orang pun meningkat dalam situasi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir di seluru dunia. Tak heran kecemasan semua orang pun meningkat dalam situasi ini.

Sejak pandemi virus corona covid-19 melanda dunia, tiap orang mencari berbagai macam cara untuk melindungi diri.

Mulai dari mencuci tangan dengan hand sanitizer, menggunakan masker, hingga tinggal di rumah saja. Semua itu dilakukan untuk menjaga agar virus corona tidak menyebar.

Sudah ada banyak spekulasi untuk menentukan, berapa lama virus corona bisa bertahan di berbagai benda. Menurut sebuah studi dari National Institutes of Health, Amerika Serikat, virus corona covid-19 bisa tumbuh subur di atas kardus selama 24 jam, sedangkan pada baja dan plastik, virus dapat hidup hingga tiga hari, seperti dikutip dari Times of India.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa virus corona covid-19 juga dapat hidup di sepatu selama maksimal lima hari. Karena sebagian besar sepatu terbuat dari kulit, karet dan plastik, sepatu dapat menjadi pembawa virus lainnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Virus Menempel

Spesialis penyakit menular Mary E. Schmidt mengatakan bahwa waktu keberlangsungan hidup virus sebenarnya bisa lima hari atau lebih menurut beberapa penelitian yang dilakukan pada bahan yang terkait erat dengan bahan sepatu pada suhu kamar.

Menurut Georgine Nanos, seorang praktisi keluarga di Amerika Serikat, sepatu dapat menjadi sumber kontaminasi yang potensial, terutama jika mereka dikenakan di daerah-daerah padat penduduk seperti pasar, rumah sakit, tempat kerja, dan lain-lain.

Anda juga dapat menjadi pembawa virus jika sepatu Anda menyentuh tempat yang terinfeksi atau seseorang yang sudah terinfeksi bersin atau batuk di dekat Anda. Tetesan itu mungkin menempel di sepatu Anda dan juga dapat menginfeksi Anda.

Alasan lain mengapa sepatu dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan virus adalah karena sepatu bersentuhan dengan kotoran dan kuman lebih. Virus dan bakteri dapat berkembang biak di sol sepatu dan bahkan mungkin dibawa ke rumah Anda.

3 dari 3 halaman

Cara Pencegahan

Untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda, yang terbaik adalah mengambil tindakan pencegahan. Berikut cara untuk memastikan bahwa Anda aman dari tertular virus.

- Lepaskan sepatu Anda sebelum memasuki rumah

- Cuci sepatu yang dipakai ke tempat-tempat umum dengan air dan sabun

- Sepatu yang bisa dicuci dengan mesin juga bisa dibersihkan di mesin cuci

- Kulit dan bahan lain yang tidak bisa dicuci dengan air harus dibersihkan dengan benar menggunakan disinfektan

- Tempatkan sepasang sandal atau sepatu yang bersih di luar ambang pintu Anda dan ganti sebelum masuk ke rumah Anda.

Disadur dari: Kanal Lifestyle Liputan6.com (penulis Komarudin, published 6/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini