Sukses

Valentino Rossi Sumbang Dana untuk Berantas Virus Corona di Italia

Valentino Rossi kesulitan untuk berkegiatan karena Italia diserang virus corona. Kini dia turut menyumbangkan dana besar untuk hentikan virus ini.

Liputan6.com, Marche- Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi turut risau dengan wabah virus corona yang sudah pandemi global. Untuk membantu basmi virus,dia dikabarkan menyumbangkan dana besar untuk penanganan wabah virus corona (Covid-19) di regional Marche, Italia.

Hal ini dilansir oleh Corriere della Sport pada Rabu (11/3/2020).

Seperti diketahui, Italia merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi dunia. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, bahkan telah mengeluarkan dekrit soal karantina seluruh warga negaranya mulai 9 Maret sampai 3 April mendatang.

Atas alasan ini pula MotoGP harus merevisi jadwal musim ini, di mana aksi MotoGP di Qatar dibatalkan, sementara Seri Thailand, Austin, dan Argentina ditunda sampai akhir tahun. Seperti rider Italia lain, Valentino Rossi juga terpaksa tinggal di rumahnya yang ada di provinsi Pesaro dan Urbino.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Rumah Sakit di Marche

Meski di rumah saja, bukan berarti Rossi berdiam diri melihat situasi negaranya yang sedang darurat. Menurut laporan Corriere della Sport, Rossi merupakan salah satu pendonor dana pertama yang mendukung penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Marche Nord.

Penggalangan dana ini kabarnya digelar secara spontan oleh sekelompok warga lewat halaman 'GoFunMe-Italia' dan telah mengumpulkan 76.000 euro dari 3.000 orang peserta dalam tiga hari.

Sejak Selasa (10/3/2020), penggalangan dana ini pun dikoordinasi oleh Pemerintahan Pesaro. Bekerja sama dengan Rumah Sakit San Salvatore, mereka pun meluncurkan kampanye bertajuk 'Insieme per Marche Nord' yang berarti 'Bersatu untuk Marche Nord'.

 

3 dari 3 halaman

Sumbangkan Dana Besar

Semua dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan para pasien Covid-19, termasuk membeli tempat tidur bagi pasien-pasien yang berada di Unit Perawatan Intensif (ICU).

Berikut pernyataan Rumah Sakit Marche Nord seperti yang dilansir Corriere della Sport.

"Asosiasi 'Insieme per Marche Nord' dibentuk demi menggalang dana untuk Rumah Sakit Marche Nord dalam penanganan darurat wabah virus corona. Terima kasih kepada masyarakat dan yayasan-yayasan yang telah memberikan kontribusi sejak kemarin. Salah satu orang pertama yang memberikan kontribusi besar adalah Valentino Rossi."

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 13/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.