Sukses

Dampak Virus Corona, Qatar dan Thailand Beda Alasan soal Penundaan MotoGP

Buriram - Karena penyebaran virus Corona yang begitu masif di seluruh dunia, lomba putaran pertama MotoGP musim ini di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini sudah dibatalkan. Kemudian lomba putaran kedua di Sirkuit Buriram, Thailand, juga sudah ditunda.

Dorna sebagai penyelenggara MotoGP lewat sang CEO Carmelo Ezpeleta sudah memberikan keterangan resmi terkait dibatalkannya lomba di Sirkuit Losail dan Buriram setelah kian merebaknya virus corona.

Lomba di Losail dibatalkan lantaran pemerintah setempat mewajibkan rombongan MotoGP yang berasal dari Italia menjalani karantina selama 14 hari ketika tiba di Qatar.

Namun Ezpeleta menceritakan, alasan penundaan lomba GP Thailand berbeda dengan GP Qatar. Menurutnya pemerintah Thailand hanya tidak ingin menggelar sebuah event yang dihadiri banyak penonton lantaran bisa jadi pemicu persebaran virus corona.

“Kami telah berbicara dengan pihak berwenang di Thailand sepanjang akhir pekan dan mereka memberi tahu kami bahwa pada hari Senin, waktu Thailand, akan ada pertemuan untuk memutuskan event mana yang dapat terjadi di Thailand," kata Ezpeleta.

"Ini tidak terkait dengan orang Italia atau siapa pun dari negara lain yang ingin pergi ke Thailand. Itu karena mereka telah memutuskan untuk membatalkan acara besar dengan jumlah penonton yang banyak," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Kemungkinan Akhir Musim

Lebih lanjut Ezpeleta menyebut sedang mencari tanggal pengganti gelaran lomba di Sirkuit Buriram. Kemungkinan besar GP Thailand bakal kembali berlangsung pada akhir musim seperti tahun lalu.

"Jadi memang situasi pembatalan lomba di Qatar berbeda dengan Thailand. Jadi kami memutuskan untuk menunda GP Thailand dan mencoba mencari tanggal di akhir tahun untuk menggelar lomba ini," Ezpeleta menuturkan.

Sejak masuk kalender MotoGP pada tahun 2018, Thailand memang selalu berstatus pembuka rangkaian lomba di benua Asia. Namun mulai tahun 2020, lomba di Sirkuit Buriram dipindah ke awal musim.

Adapun walau kelas MotoGP dibatalkan, Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini akan tetap menggelar lomba kelas Moto3, Moto2, dan supporting race, Asia Talent Cup.

Sumber: Crash.net

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibowo/Hendry Wibowo, published 4/3/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami: