Sukses

Virus Corona Ancam Shopee Liga 1 2020, PSSI Tunggu Instruksi Pemerintah

Adanya penemuan kasus virus Corona di Indonesia mengancam pertandingan-pertandingan Shopee Liga 1 2020. Apalagi, potensi penyebaran virus lebih besar pada kerumunan massa.

Jakarta - PSSI menunggu instruksi pemerintah sebelum menentukan nasib Shopee Liga 1 di bawah ancaman virus Corona. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku pihaknya belum mendapat instruksi apapun.

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan kasus pertama dari Virus Corona di Indonesia pada Senin (2/3/2020). Dua orang menjadi korban pertama yang terjangkit virus bernama resmi Covid-19 itu di Indonesia.

Adanya penemuan kasus tersebut mengancam pertandingan-pertandingan Shopee Liga 1 2020. Apalagi, potensi penyebaran virus lebih besar pada kerumunan massa.

Sejauh ini baru Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menolak adanya event yang mengumpulkan massa. Penolakan itu dilakukan dengan cara menangguhkan semua perizinan terkait acara-acara yang mengundang masyarakat banyak.

Namun, PSSI belum mendapatkan laporan terkait status Shopee Liga 1 2020. Apakah tetap digelar normal, digelar tanpa penonton, atau dihentikan untuk waktu tertentu.

"Sementara ini kami belum bisa berbicara soal itu. Pemerintah belum memberikan peringatan dan kami dalam posisi menunggu pemerintah," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan di Cibinong, Selasa (3/3/2020).

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Menpora. Beliau akan bersurat dengan Menteri Kesehatan untuk langkah selanjutnya terkait Virus Corona ini," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Berbeda dengan Shopee Liga 1, otoritas sepak bola di Thailand dan Vietnam sudah mengeluarkan aturan khusus terkait bahaya penyebaran Virus Corona. Kedua liga di negara tersebut dipastikan tetap bergulir, dengan catatan tanpa penonton.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru Mulai

Shopee Liga 1 2020 baru menyelesaikan pekan pertama. Saat ini, Madura United menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan tiga poin dan unggul selisih gol dari beberapa tim yang punya poin sama.

Rencananya, Shopee Liga 1 2020 akan menggelar laga pekan kedua pada Jumat (6/3/2020) sampai Senin (9/3/2020). Terdapat dua pertandingan yang bakal berlangsung sengit yakni Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya dan Arema FC berjumpa Persib Bandung.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Wiwig Prayugi, published 3/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.