Sukses

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Hampden Park

Liputan6.com, Jakarta - Hampden Park menjadi salah satu stadion yang akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020. Terletak di Glasgow, stadion ini merupakan kandang bagi timnas Skotlandia.

Pemilihan Hampden Park sebagai salah satu tuan rumah bukan tanpa alasan. Selain berkapasitas lebih dari 51 ribu penonton, stadion ini juga sering menjadi tuan rumah event sepak bola internasional.

Hampden Park pertama kali dibuka tahun 1903. Saat itu stadion ini menjadi yang terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai lebih dari 100 ribu.

Bahkan pada tahun 1937, stadion ini menampung 149.415 penonton saat timnas Skotlandia menjamu Inggris. Tetapi kapasitas penonton terus menurun setelah beberapa kali renovasi yang terakhir dilakukan tahun 1999.

Rencananya Hampden Park akan menggelar tiga laga babak grup D dan satu laga babak 16 besar Piala Eropa 2020. Pemerintah Skotlandia pun berjanji akan menjadi tuan rumah yang baik dalam event ini.

"Anda tahu Glasgow bisa berpesta seperti apa. Kami sukses menyelenggarakan Commonwealth Games dan warga Skotlandia antusias menyambutnya," ujar Presiden Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Stewart Regan seperti dilansir BBC.

"Tentu terpilihnya Hampden Park sebagai tuan rumah Piala Eropa 2020 merupakan hal yang fantastis," ujarnya menambahkan.

 

 

2 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan di Hampden Park

15 Juni 2020

Pemenang playoff C Vs Republik Ceko

19 Juni 2020

Kroasia Vs Republik Ceko

23 Juni 2020

Kroasia Vs Pemenang playoff C

30 Juni 2020

Pemenang Grup E Vs Peringkat Ketiga terbaik Grup A/B/C/D

3 dari 4 halaman

Momen Penting

Beberapa momen penting sempat terjadi di Hampden Park. Salah satunya adalah final Liga Champions 2002.

Ya, saat itu Real Madrid harus menantang Bayer Leverkusen di partai puncak. Sempat unggul 1-0 melalui Raul Gonzales pada menit kedelapan, Madrid kebobolan oleh Lucio pada menit ke-13.

Beruntung Real Madrid memiliki Zinedine Zidane. Pemain yang sekarang menjadi pelatih Madrid tersebut mencetak gol indah melalui tendangan voli pada menit ke-45.

Selain itu Hampden Park juga menjadi tuan rumah saat Olimpiade 2012. Mereka menggelar tiga laga sepak bola putra dan lima sepak bola putri.

Salah satu yang paling diingat adalah laga Korea Utara kontra Kolombia. Pasalnya di laga ini Korea Utara sempat mogok bermain karena panitia salah memasang gambar bendera Korea Selatan di papan elektronik saat pembacaan susunan pemain.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Chelsea Bidik Neuer di Transfer Musim Panas Ini
Loading