Sukses

PSSI: Identitas Tira Persikabo Tetap Sama di Liga 1 2020

Jakarta Permasalahan identitas Tira Persikabo untuk Liga 1 2020 akhirnya selesai. PSSI memutuskan untuk tak mengesahkan pengajuan perubahan nama tim milik TNI tersebut.

Awalnya, Tira Persikabo ingin menghilangkan embel-embel Tira sehingga hanya memakai nama Persikabo untuk musim ini. Namun, keinginan manajemen bertepuk sebelah tangan.

Permintaan perubahan identitas tidak disetujui PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) malah keliru dalam menuliskan nama Tira Persikabo pada rancangan jadwal Liga 1 2020. Dalam draft pertandingan selama semusim itu, hanya tercantum Persikabo, tanpa ada embel-embel Tira di depannya.

Wakil Ketua PSSI, Cucu Somantri memastikan, identitas Tira Persikabo tidak akan mengalami perubahan. "Namanya tetap PS Tira Persikabo," ujar Cucu.

PSSI telah menolak permintaan perubahan identitas Tira Persikabo pada kongres tahunan di Bali, 25 Januari 2020. Praktis, janji manajemen tim kepada suporter untuk memakai nama Persikabo untuk Liga 1 2020 belum dapat direalisasikan.

"PSSI itu tidak memutuskan orang per orang. Di dalam perubahan itu ada aturannya, lalu dibawa ke rapat Komite Eksekutif dan Kongres PSSI. Sementara belum ada persetujuan perubahan nama dengan beberapa pertimbangan dan masukan," kata Cucu.

2 dari 3 halaman

Tira Persikabo Harus Tetap Eksis Selagi Masih Ada Bhayangkara FC?

Cucu juga membantah Tira Persikabo harus tetap eksis selagi Bhayangkara FC masih berkiprah di Liga 1. Sesama tim aparat, kedua tim tentu punya gengsi dan rivalitas yang tinggi.

"Tidak ada kaitannya. Ini kaitannya dengan masalah aturan saja," ujar Cucu, yang merupakan Purnawirawan Mayor Jenderal TNI tersebut.

"Sebab Tira Persikabo sudah punya badan hukum dan tidak boleh sembarangan mengubah badan hukum tersebut," jelas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI ini.

Disadur dari Bola.com (penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Ario Yosia, Published 5/2/2020)

3 dari 3 halaman

Video