Sukses

Timnas Indonesia U-19 Dibungkam Klub Promosi K-League, Shin Tae-yong Klaim Peningkatan

Jakarta - Timnas Indonesia U-19 belum mencicipi hasil positif pada pemusatan latihan di Thailand. Bagas Kaffa dan kawan-kawna teranyar dipermalukan klub promosi K-League 2020, Busan IPark, dalam laga 3x30 menit di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Senin (27/1/2020).

Ini adalah kekalahan ketiga Timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Thailand. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 takluk dari Kyung Hee University (0-2) dan Soengnam FC (0-4).

Manajer pelatih Tim Garuda Muda, Shin Tae-yong, tetap memberikan apresiasi terhadap penampilan para pemain. Menurutnya, hasil bukan tujuan karena terdapat peningkatan kualitas permainan dari para pemain.

"Kami masih harus memperbaiki pertahanan kami dan juga taktik. Akan tetapi, hasil ini wajar karena kami memang belum mempelajari taktik. Namun, kami semakin bagus dalam hal fisik," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI.

"Bermain 80 menit sudah sanggup semua. Untuk itu, saya sangat berterima kasih kepada para pemain atas usahanya hari ini. Mereka bisa membuat gol dan itu sesuatu yang harus sangat diapresiasi. Saya tidak membicarakan hasil ini, namun melihat permainan mereka dan sudah ada peningkatan," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-19 masih memiliki beberapa laga uji coba selama pemusatan latihan di Thailand. Rencananya, mereka akan berada di Chiang Mai sampai 1 Februari mendatang.

2 dari 5 halaman

Apresiasi Lawan

Shin Tae-yong juga memberikan penghormatan kepada Busan IPark yang bermain sungguh-sungguh. Meskipun laga uji coba, klub asuhan Cho Deok-je tetap menurunkan skuat terbaik dalam laga uji coba tersebut.

"Sekali lagi, lawan bermain sungguh-sungguh. Mereka menurunkan tim terbaik. Tanpa meremehkan kami. Jadi dengan begini, saya jadi tahu apa yang harus terus diperbaiki dan apa yang bisa terus ditingkatkan di timnas U-19," ujar Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Empat Pertandingan

Rencananya selama TC di Thailand, Timnas Indonesia U-19 menjalani empat pertandingan uji coba. Pada awal pekan depan, Garuda Muda kembali diuji dalam partai persahabatan.

"Pada awal pekan depan akan ada uji coba lagi. Untuk lawannya, ditunggu nanti akan diinformasikan," imbuh Nova.

 

4 dari 5 halaman

Persiapan Tampil di Piala Dunia U-20 2021

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Thailand merupakan awal dari rangkaian perjalanan Tim Garuda Muda untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Timnas Indonesia U-19 memang diharapkan bisa tampil maksimal dalam turnamen milik FIFA tersebut. Pasalnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 27/1/2020)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Timnas Indonesia U-19

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal Timnas Indonesia: Tim Garuda Ditunggu UEA
Artikel Selanjutnya
Jadwal Timnas Indonesia Vs Thailand: Debut Resmi Shin Tae-yong