Sukses

Persebaya Surabaya Umumkan Pemain Anyar di Yogyakarta, Salah Satunya Makan Konate?

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya berencana mengumumkan pemain anyar saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta pada 15-25 Januari. Ada tiga nama yang berpeluang bergabung.

Manajemen Persebaya sudah mendekati kandidat pemain baru dan mencapai kesepakatan. Namun, mereka belum bisa meresmikan karena yang bersangkutan masih terikat kontrak dengan klub lama.

"Tinggal menunggu waktu saja. Mudah-mudahan mereka bisa bergabung di Yogyakarta," kata pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Laporan menyebut dua kandidat pemain lokal bidikan Persebaya adalah Angga Saputra dan Abduh Letaluhu asal Tira Persikabo. Sementara calon muka anyar adalah Makan Konate yang meninggalkan Arema FC.

Namun, manajer Persebaya Candra Wahyudi enggan mengkonformasi kabar tersebut. "Kami akan maksimalkan seluruh slot pemain asing," ujarnya.

2 dari 6 halaman

Kebutuhan Lain

Selain tiga nama tersebut, Persebaya juga masih aktif di bursa transfer. Mereka membutuhkan tambahan kekuatan di posisi bek sayap menyusul hengkangnya Ruben Sanadi dan Novan Sasongko.

Praktis Persebaya hanya memiliki Koko Ari Araya dan Abu Rizal Maulana yang merupakan bek sayap murni. Bajul Ijo juga harus merekrut kiper karena baru punya Ernando Ari.

3 dari 6 halaman

Ajak Osvaldo Haay

Sementara itu, Persebaya memboyong Osvaldo Haay mengikuti training camp (TC) di Yogyakarta pada 15-25 Januari mendatang. Padahal Bajul Ijo belum mengontrak pemain berusia 22 tahun itu untuk kompetisi 2020.

Ikatan kerja Osvaldo Haay dengan Persebaya hanya berlaku hingga akhir Januari ini. Meski begitu, kesepakatan tersebut tetap digunakan kubu Bajul Ijo untuk menyertakan sang pemain.

"Semua pemain, pelatih maupun ofisial dikontrak dalam durasi tertentu. Jadi ketika masih dalam durasi kontrak, semua harus tunduk pada kewajiban dan hak yang ada," jelas manajer Persebaya Candra Wahyudi.

4 dari 6 halaman

Masa Depan Tanda Tanya

Masa depan Osvaldo Haay di Persebaya dalam tanda tanya menyusul berakhirnya kompetisi 2019. Mantan pemain Persipura Jayapura tersebut bahkan sempat mangkir latihan empat kali di awal tahun.

Bintang Timnas Indonesia di SEA Games 2019 tersebut akhirnya melapor Jumat (10/1/2019). Dia kemudian bersinar pada uji coba melawan Persis Solo di Gelora Bung Tomo keesokan harinya. Osvaldo Haay membuat satu gol dan satu assist demi membantu Persebaya menang 4-0.

5 dari 6 halaman

TC untuk Kekompakan

Pelatih Persebaya Aji Santoso menegaskan TC sangat penting. Sebab, di sinilah pelatih 49 tahun itu akan membentuk kekompakan pemain.

Hal tersebut penting karena Persebaya memiliki banyak pemain baru. Patrich Wanggai, Arif Satria, Bayu Nugroho, dan Ricky Kambuaya

"Selain untuk meningkatkan kualitas fisik, juga untuk meningkatkan kerjasama pemain. Itu yang kami tata di sana" ungkap Aji.

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Persebaya di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Resmi Bergabung, Makan Konate Pernah Permalukan Persebaya di Kanjuruhan
Artikel Selanjutnya
Resmi Bergabung, Makan Konate Ingin Bawa Persebaya Juara