Sukses

Andalkan Bahasa Sepak Bola dengan Shin Tae-Yong, Nova Arianto Tetap Ingin Belajar Bahasa Korea

Nova Arianto resmi terpilih menjadi salah satu asisten pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae -Yong yang dikontrak dengan durasi tiga tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae- Yong menunjuk beberapa asisten pelatih untuk mendampingi dirinya. Salah satu asisten yang dipilih yaitu Nova Arianto.

Mantan bek Persib, Persebaya dan Timnas Indonesia ini tak punya persiapan khusus untuk menjadi asisten pelatih asal Korea Selatan tersebut. Meski begitu, dia ingin belajar bahasa Korea agar bisa memahami Shin Tae-Yong lebih baik.

"Saya akan sedikit-sedikit belajar bahasa Korea untuk membantu komunikasi," kata Nova Arianto seperti dikutip antara.

Eks pemain Persib dan Persebaya itu mengakui bahasa akan menjadi kendala dirinya menunaikan tugas bersama Shin Tae Yong. Meski begitu, bahasa sepak bola bisa jadi medium universal.

Nova yakin permasalahan komunikasi dengan Shin Tae-Yong dapat teratasi. Sebab, selain karena dia akan menekuni bahasa Korea, sepak bola adalah bahasa universal.

"Saya berpikir bahasa sepak bola akan banyak membantu," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asisten Pelatih Lain

Nova Arianto resmi menjadi asisten pelatih tim nasional Indonesia, yang berkewarganegaraan Korea Selatan, Shin Tae-Yong setelah menandatangani kontrak berdurasi satu tahun pada Selasa (7/1) di Kantor PSSI, Jakarta.

Dengan demikian, sampai Selasa (7/1), pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong sudah memiliki dua asisten pelatih asal Indonesia yakni Indra Sjafri dan Nova Arianto.

Selain Indra dan Nova, Shin rencananya membawa beberapa asisten pelatih dari Korea Selatan.

Tentang Nova Arianto, penunjukkannya sebagai asisten pelatih timnas di masa Shin Tae-Yong membuat rekam jejaknya di persepakbolaan nasional semakin panjang.

Sebelumnya, pada tahun 2019, Nova merupakan asisten dari pelatih timnas U-22 Indra Sjafri. Dia membantu Witan Sulaeman dan kawan-kawan merengkuh gelar kampiun Piala AFF U-22 dan merebut medali perak sepak bola putra SEA Games 2019.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Video

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.