Sukses

Tua-tua Keladi, Zlatan Ibrahimovic dan 5 Bintang yang Masih Bersinar di Usia Lanjut

Jakarta - AC Milan memperkenalkan Zlatan Ibrahimovic sebagai pemain anyar, Kamis (2/1/2020). Il Diavolo Rosso mengontraknya selama enam bulan dengan opsi perpanjangan semusim.

Mantan pemain LA Galaxy tersebut kabarnya akan menerima upah senilai 3,5 juta euro (Rp54 miliar) permusim. Pada periode keduanya di Milan, Zlatan Ibrahimovic memakai nomor punggung 21.

Kembalinya Ibrahimovic ke AC Milan tentunya menjadi satu di antara tantangan sepanjang kariernya. Eks pemain Manchester United itu dituntut kembali membawa skuat asuhan Stefano Pioli itu kembali berjaya seperti saat ia membela AC Milan pada 2010.

Kala itu, Ibrahimovic mampu mempersembahkan trofi Serie A 2010-2011 dan Piala Super Italia 2011. Publik San Siro tentunya berharap Ibra bisa membawa AC Milan kembali lebih baik.

Pada usianya yang sudah menginjak 38 tahun tentunya tak mudah buat Zlatan Ibrahimovic menunjukkan ketajamannya. Meskipun begitu, banyak pemain tua yang tetap bersinar.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Ibrahimovic dan beberapa pemain tua yang masih mampu menunjukkan performa terbaiknya.

2 dari 6 halaman

1. Teddy Sheringham

Manchester United memboyong Teddy Sheringham dari Tottenham Hotspur pada musim panas 1997. Kala itu, Setan Merah harus mengeluarkan 3,5 juta pounds untuk memboyong sang pemain ke Old Trafford.

Kala itu, Manchester United mendatangkan Tedddy Sheringham ketika usianya sudah tidak muda lagi. Kendati demikian, kontribusi Sheringham bagi Manchester United tidak bisa dianggap remeh.

Bahkan, eks striker timnas Inggris itu membantu klub besutan Sir Alex Ferguson menjuarai Liga Champions musim 1998-1999. Dua tahun kemudian, Sheringham memutuskan hengkang setelah pihak Manchester United tidak lagi memperpanjang kontraknya.

3 dari 6 halaman

2. Ryan Giggs

Ryan Giggs mengawali karier bersama Manchester United sejak 1990. Kepintarannya dalam mengolah dan menerapkan strategi pelatih membuat Giggs mampu bermain hingga usia 40 tahun.

Bahkan, jelang akhir kariernya, Giggs tak lagi menjadi winger, akan tetapi ia bergeser sebagai gelandang tengah. Bersama Setan Merah, Giggs mampu bermain hingga gantung sepatu atau pensiun pada 2014.

Giggs masih memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Manchester United, yakni 963 pertandingan dalam semua ajang. Dia juga menjadi satu di antara pemain tersubur The Red Devils dengan koleksi 168 gol.

4 dari 6 halaman

3. Gianluigi Buffon

Meskipun sudah berusia 41 tahun, Gianluigi Buffon terkadang masih dipercaya sebagai kiper Juventus. Hingga saat ini, Buffon sudah mencatatkan 664 penampilan bersama Si Nyonya Tua.

Selain itu, Buffon sudah menyumbang lebih dari 18 trofi untuk Juventus sejak bergabung dari Parma pada pada 2001. Musim lalu, ia sempat bergabung bersama klub raksasa Prancis, Paris Saint Germain.

Bersama PSG, Buffon dipercaya tampil sebanyak 25 pertandingan. Namun, pada bursa transfer musim panas 2019, Buffon memutuskan kembali berseragam Bianconeri.

Saat ini, Buffon tentunya bertekad membawa Juventus meraih gelar Serie A untuk 35 kalinya.

5 dari 6 halaman

4. Fabio Quagliarella

Saat ini, Fabio Quagliarella sudah berusia 36 tahun. Meskipun begitu, usia bukan sebuah halangan buat Quagliarella.

Bahkan, ia pernah menorehkan rekor saat memperkuat Timnas Italia tahun lalu. Kala itu, Fabio Quagliarella menjadi pemain tertua yang mampu mencetak gol untuk Gli Azzuri.

Raihan tersebut ia catatkan saat Timnas Italia menang atas Leichtenstein dengan skor 6-0 pada ajang Kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu (27/3/2019).

Selain itu, Fabio Quagliarella menjadi pencetak gol terbanyak di Serie A pada musim 2018-2019. Musim lalu, Quagliarella sukses menyumbang 26 gol untuk Sampdoria di Serie A.

Quagliarella mengungguli pemain yang usianya lebih muda darinya, yakni Duvan Zapata (23 gol), Krzysztof Piatek (22 gol) dan Cristiano Ronaldo yang mencetak 21 gol.

6 dari 6 halaman

5. Dani Alves

Saat ini, Dani Alves sudah berusia 36 tahun. Meskipun begitu, Alves masih aktif sebagai pemain seperti halnya Zlatan Ibrahimovic ataupun Gianluigi Buffon.

Meskipun sudah terbilang tua, Alves masih mempunyai performa yang gemilang. Bahkan, setelah memutuskan hengkang dari Paris Saint Germain pada akhir musim lalu, Alves menjadi rebutan banyak klub Eropa.

Beberapa klub yang kala itu memperebutkan Alves antara lain Barcelona, Sevilla, Atletico Madrid, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Manchester City. Sayang, Alves memutuskan untuk tak berkarier di Eropa lagi.

Saat ini, Dani Alves memperkuat klub asal Brasil, Sao Paulo. Bersama Sao Paulo, Alves sudah mencatatkan 20 penampilan dan mencetak dua gol dan tiga assist di semua kompetisi.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Yus Mei Sawitri, published 3/1/2020)

Loading
Artikel Selanjutnya
Ibrahimovic Tampil Cemerlang, AC Milan Siap Tembus Eropa
Artikel Selanjutnya
Tuah Zlatan Ibrahimovic di Balik Rekor Tak Terkalahkan AC Milan?