Sukses

5 Kegunaan Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jakarta Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang familiar bagi banyak orang. Selain harganya terjangkau, garam juga punya manfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan.

Setiap manusia pada dasarnya membutuhkan garam untuk keseimbangan cairan dan fungsi otot maupun saraf. Garam memiliki kandungan natrium tinggi. Tetapi Anda harus mengonsumsi garam secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

Tubuh manusia akan mengatur berapa banyak natrium yang dikandungnya. Jika kadarnya terlalu tinggi, tubuh akan mudah haus. Sehingga mengonsumsi banyak garam bisa berisiko memicu batu ginjal, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

Namun apabila Anda kekurangan natrium dalam garam, tubuh akan mudah terserang hiponatremua, sakit kepala, depresi, hingga otot mudah kejang.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan asupan garam sekitar satu sendok teh dalam satu hari. Kandungan natrium dalam garam diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan, kesehatan jantung, hati, dan ginjal.

Garam juga berfungsi mengatur aliran darah sehingga mencegah tekanan darah rendah maupun darah tinggi. Tak hanya bagi kesehatan, garam juga bermanfaat bagi kecantikan.

Berikut adalah manfaat garam bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari Medical News Today, Rabu (23/10/2019).

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Garam: Baik bagi Kecantikan

Garam dapat membantu mencerahkan kulit karena memiliki kandungan yang dapat membunuh dan membersihkan kotoran serta kuman pada kulit. Anda bisa mencampurkannya dengan air hangat dan membasuhnya pada kulit.

Air garam juga mampu mengobati dan menghilangkan jerawat. Ramuan ini merupakan mineral yang sangat baik untuk membantu membersihkan kuman dan bakteri, terutama pada kulit wajah. Selain menghilangkan jerawat, air garam dapat mencegah timbulnya masalah kulit yang satu ini.

Garam juga bisa menghaluskan dan menghilangkan komedo. Garam bisa membasmi zat-zat bahaya akibat radikal bebas. Anda bisa membasuh wajah dengan air garam selepas beraktivitas seharian.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Garam: Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Air garam adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Garam juga berfungsi sebagai obat sakit. Anda bisa berkumur dengan air garam selama satu menit.

Garam akan membantu membunuh bakteri yang berada di gigi dan rongga mulut. Di sisi lain berkumur dengan air garam bisa mengobati sariawan dan mengatasi bau mulut tak sedap.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Garam: Mengobati Luka dan Antiradang

Garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat membantu penyembuhan luka lebih efektif. Mandi dengan air garam akan membantu membunuh bakteri dan mencegah iritasi kulit.

Air garam bisa meningkatkan tingkat hidrasi kulit sehingga membuat proses penyembuhan luka bisa lebih cepat. Anda bisa menambahkan satu sendok makan garam ke kolam mandi yang telah diisi air hangat.

 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Garam: Mencegah Diabetes

Garam sangat dianjurkan bagi pasien penyakit diabetes. Namun Anda hanya boleh mengonsumsinya sedikit, maksimal satu sendok makan per hari.

Diet garam dapat melemahkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan memetabolisme glukosa, memberkan tingkat energi yang buruk ke hati, otot, dan sistem saraf, kemungkinan mengarah ke diabetes tipe 2.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Garam: Menjaga Kesehatan Jantung

Garam berkhasiat mengatur tekanan darah tubuh yang berdampak pada kesehatan kardiovaskular. Hal ini biasanya berkaitan dengan penyakit stroke dan serangan jantung.

Asupan kalsium, magnesium, dan natrium yang tidak seimbang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itulah Anda perlu mengontrolnya dengan garam.

Sumber: Medical News Today

Disadur dari Bola.com (penulis Novie Rachmayanti/Editor Yus Mei, Published 23/10/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Klub Ini Bisa Jadi Pilihan Marcus Rojo Jika Didepak Manchester United
Artikel Selanjutnya
Lovren dan Salah Bertukar Pesan Lucu di WA Usai Laga vs Manchester United