Sukses

Sembuhkan Penyakit Jantung dengan 4 Cara Murah Ini

Jakarta - Jantung merupakan satu dari banyak organ tubuh manusia yang terpenting. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jadi, semua orang tentu menginginkan punya jantung sehat.

Apabila jantung terserang penyakit, harus bergegas diobati di rumah sakit. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara sederhana untuk menghindari penyakit jantung secara alami tanpa mengeluarkan biaya mahal? Ya, tentu saja dengan cara menggerakan tubuh Anda secara aktif, misalnya berolahraga.

Berolahraga penting demi menjaga kesehatan jantung. Selain itu, tubuh akan terhindar dari kolesterol tinggi, diabetes (gular darah tinggi), dan tekanan darah tinggi, yang bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

Mengobati penyakit jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup dan pola makan sehat.

Ambil saja contoh pesepak bola dunia, yakni Iker Casillas. Eks kiper Real Madrid itu beberapa bulan lalu menghebohkan para penggemarnya saat masuk rumah sakit lantaran terserang penyakit jantung. Tetapi dia kini telah membaik dan terus berolahraga demi meningkatkan kesehatan jantungnya.

Jika harus menyembuhkan dan merawat jantung di rumah sakit, tentu perlu mengeluarkan biaya besar. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan jantung secara alami tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Bagaimana caranya?

Berikut adalah cara menyembuhkan penyakit jantung secara alami tanpa biaya mahal, seperti dirangkum dari Hopkins Medicine.

 

2 dari 5 halaman

1. Kulit Manggis

Kulit manggis kerap terabaikan dan disepelekan. Biasanya orang hanya menyantap daging buahnya. Padahal kulit manggis memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan. Kulit manggis juga mampu mengatasi sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit, termasuk jantung koroner.

Senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis sangat bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular, menyembuhkan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, trombosis, dan lain sebagainya.

Kandungan tersebut juga berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah, sehingga akan menyusutkan tumpukan lemak dalam darah yang menjadi pemicu penyakit jantung koroner.

 

3 dari 5 halaman

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu hasil tanaman rempah-rempah yang biasa dipakai sebagai bahan masakan. Bawang putih mampu membantu mengobati penyakit jantung karena mengandung anti-kanker, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan tinggi guna mencegah penyakit jantung dengan cara memerangi oksidasi dari serum lemak.

Tak hanya itu, bawang putih juga memiliki kemampuan melarutkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL). Kemudian, bawang putih akan menyusutkan tekanan darah tinggi, menurunkan gula darah, dan mengatasi gangguan pencernaan.

 

4 dari 5 halaman

3. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi yang membuat tekanan darah dan detak jantung lebih stabil. Selain menyegarkan tubuh, kegiatan ini akan membuat Anda terhindar dari obesitas dan diabetes.

Setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 15 menit secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung. Latihan olah fisik akan meningkatkan kerja jantung, sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh akan lebih banyak.

Contoh olahraga menyehatkan jantung:

  1. Jalan cepat
  2. Lari
  3. Berenang
  4. Bersepeda
  5. Bermain tenis
  6. Lompat tali
  7. Senam
  8. Olahraga fisik lainnya seperti segala permainan bola (sepak bola, voli, dan basket)
5 dari 5 halaman

4. Mengonsumsi Makanan Diet Jantung

Selain obat dan cara menyembuhkan penyakit jantung di atas, Anda juga perlu mengonsumsi makanan diet jantung. Cara ini dikenal ampuh untuk mengurangi peradangan pada jantung. Berikut adalah menu diet untuk menjaga kesehatan jantung:

  1. Berbagai jenis makanan berserat dan antioksidan
  2. Sayuran (semua jenis, termasuk bit, wortel, sayuran silangan seperti kubis Brussel, brokoli, kol, kembang kol dan kangkung, sayuran berdaun gelap, artichoke, bawang, kacang polong, salad sayuran, jamur, sayuran laut, dan squash)
  3. Berbagai jenis buah-buahan
  4. Bahan rempah-rempah, terutama kunyit (curcumin) dan bawang putih.  Anda juga bisa mengonsumsi basil, cabai, kayu manis, bubuk kari, jahe, rosemary, dan thyme
  5. Teh tradisional seperti teh hijau, oolong atau teh putih
  6. Kacang-kacangan
  7. Susu murni
  8. Buah anggur merah secukupnya

Disadur dari Bola.com (Novie Rachmawatie/Yus Mei Sawitri, Published 23-10-2019)