Sukses

3 Kali Dibobol Vietnam, Muhammad Ridho Disemprot Legenda Timnas Indonesia

Bali - Legenda Timnas Indonesia, Hermansyah, melontarkan kritik pedas kepada Muhammad Ridho yang tampil buruk pada laga keempat Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Vietnam, Selasa (15/10/2019). 

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Ridho dipercaya mengawal gawang Tim Garuda. Akan tetapi, kiper Madura United tersebut tampil kurang meyakinkan. 

Ridho gagal menghalau bola hasil tembakan Do Duy Manh (26'), Quec Ngoc Hai (55'), dan Nguyen Tien Linh (61'). Meski begitu, dia berhasil menepis eksekusi penalti Dong Hung Dung pada menit ke-90+5.

Timnas Indonesia pun menelan kekalahan 1-3 dari Vietnam. Gol tunggal Indonesia disarangkan Irfan Bachdim pada menit ke-84. Bola hasil tembakan Bachdim yang memanfaatkan umpan dari Riko Simanjuntak melesat mulus masuk ke gawang Timnas Vietnam 

"Kiper di mana-mana kalau kebobolan tiga gol dalam satu pertandingan ya pasti buruk. Saya lihat juga tadi dia melakukan beberapa kesalahan yang sebenarnya tidak perlu," kata Hermansyah ketika dihubungi Bola.com.

Kiper yang memperkuat Timnas Indonesia rentang 1983-1990 itu juga mengkritik perjudian Simon McMenemy yang memainkan Muhammad Ridho. Menurut dia, ada ketidakpercayaan dari Simon terhadap kualitas kiper Tim Merah-Putih. 

"Saya melihat Simon McMenemy melakukan perjudian dengan memainkan Muhammad Ridho. Masa dalam empat laga Timnas Indonesia sudah memainkan tiga kiper? Kan ini lucu," tegas Hermansyah.

Selain Muhammad Ridho, Hermansyah juga menyayangkan penampilan Wawan Hendrawan yang kebobolan lima gol dalam laga melawan Uni Emirat Arab. Kiper Bali United itu dianggap tak layak membela Timnas Indonesia.

"Wawan memang bagus di klub, namun tak selalu kiper yang bagus di klub juga bisa bagus di timnas. Pelatih kiper Timnas Indonesia sebenarnya keliru memanggil Wawan yang sudah tua. Mengapa tidak dimaksimalkan saja yang muda seperti Angga Saputra. Saya lihat dia lebih baik ketimbang Wawan dan Ridho," ujar Hermansyah.

2 dari 2 halaman

Dukung Andritany Ardhiyasa

Hermansyah menyebut, Andritany Ardhiyasa masih lebih baik ketimbang Wawan Hendrawan dan Muhammad Ridho. Pria yang pernah menjadi pelatih kiper Timnas Indonesia edisi SEA Games 2003 itu, menyarankan pada laga-laga selanjutnya agar Andritany dikembalikan ke posisinya.

"Dalam kaca mata saya sebagai mantan pemain dan pelatih kiper, masih lebih baik Andritany. Secara statistik saya lihat dia lebih baik," ujar Hermansyah.

Timnas Indonesia memiliki empat laga sisa pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hermansyah berharap tim pelatih bisa memberikan kesempatan pada kiper muda, Angga Saputra.

"Ya kalau emang tidak dimainkan, kasih kesempatanlah pada kiper Tira Persikabo Angga Saputra. Saya lihat dia punya skill bagus dan Andritany cukuplah jadi pelapisnya," ujar Hermansyah.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap / Rizki Hidayat)

Loading
Artikel Selanjutnya
Rencana Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Kalah 1-4 dari Persita
Artikel Selanjutnya
Tanpa Strategi, Alasan Timnas Indonesia Dibantai Persita