Sukses

Global Sevilla League, Liga Basket Antar Sekolah Tiap Akhir Pekan

Kompetisi bola basket dan mini soccer ini diadakan setiap akhir pekan di Global Sevilla.

Liputan6.com, Jakarta- Popularitas bola basket yang semakin meningkat di Indonesia akhir-akhir ini membuat kompetisi basket usia dini semakin banyak digelar di tanah air. Yang terbaru, sekolah Global Sevilla membuat liga basket tiap akhir pekan.

Sejak 7 September 2019, setiap hari Sabtu diadakan pertandingan Global Sevilla League di lapangan sekolah yang bertempat di Puri Kembangan tersebut. Liga ini rencananya berakhir di minggu ketiga bulan November. 

"Kami sengaja buat liganya setiap hari Sabtu dengan tujuan agar pemain tidak harus skip jam pelajaran sekolah. Kami mulai setiap Sabtu pagi sehingga anak-anak tetap bisa beraktivitas lain bersama keluarga di siang hari," kata guru olahraga Global Sevilla Maulana Molla. 

Global Sevilla League memiliki tiga kategori yakni basket putra dan putri serta mini soccer. Peserta merupakan sekolah di wilayah Jakarta. Total ada 17 tim yant ikut di tiga kategori Global Sevilla League 2019.

"Sebenarnya Global Sevilla League ini edisi kedua. Tahun lalu cuma satu kategori bola basket, belum ada pembagian putra-putri," tutur ketua panitia yang juga salah satu siswa Global Sevilla League, Kenny Darin Kusnadi. 

Meski hanya level antar sekolah, Global Sevilla League dikelola secara semi profesional. "Kita punya website sendiri. Statistik basket juga ada, kami sewa tim untuk bikin statistik. Kami juga bikin cuplikan pertandingan. Jadi semacam semi pro," lanjut Molla. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiah

Global Sevilla League memberikan hadiah cukup besar. Tim yang menjadi juara pertama memperoleh Rp 5 juta. Runner-up membawa pulang Rp 2,5 juta. Sedangkan juara ketiga memperoleh Rp 1,5 juta. Liga ini diharapkan akan berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang. 

"Saya sangat bangga dengan ajang ini karena terorganisasi dengan baik oleh para siswa. Global Sevilla League tak sekadar olahraga saja juga ada pelajaran kepemimpinan. Ini seperti belajar di luar ruang kelas. Saya percaya ini akan bisa berkelanjutan," terang Michael Thia selaku Superintendent sekolah Global Sevilla. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.