Sukses

Cucu Alm BJ Habibie Sempat Dipanggil Timnas Indonesia U-19

Rafid sendiri merupakan putra dari Rully Habibie, yang merupakan anak Junus Effendi Habibie, adik BJ Habibie.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, tutup usia, Rabu (11/9). Ilmuwan genius ini meninggal dunia pukul 18.05 WIB, Rabu 11 September 2019. Kabar tersebut disampaikan Thareq Habibie, putra almarhum.

BJ Habibie memimpin Negeri Tercinta ini pada periode 21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999. Almarhum menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri.

Siapa sangka, dari keluarga negarawan, teknokrat, dan ilmuwan ini, ada lahir bakat sepak bola.

Sang cucu, Rafid Habibie, bahkan sempat mendapat panggilan dari Indra Sjafri untuk bergabung di Timnas Indonesia U-19, pada 2017 lalu. Ketika itu, Garuda Nusantara bersiap tampil di ajang Piala AFF U-18 yang digelar di Myanmar.

Sayang, ketika itu, Rafid kalah bersaing dengan pemain-pemain lainnya. Rafid kemudian dicoret bersama dengan David Sanjaya.

Rafid, 19 tahun, merupakan putra dari Rully Habibie, yang merupakan anak dari Junus Effendi Habibie, adik BJ Habibie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlatih di Eropa

Setlah dicoret dari Timnas Indonesia U-19, Rafid sempat berlatih bersama klub-klub di Eropa. Salah satunya adalah klub Italia Perugia. Rafid juga sempat ikut berlatih bersama klub elite Portugal, Sporting CP.

Beberapa waktu lalu, ada kabar menyebut dia juga sempat dikabarkan bakal bergabung dengan Persib B, yang kini bernama Bandung United. Namun akhirnya batal.

"Saya liat di CV-nya, dia sudah bermain di Portugal dan Italia. Kalau dia ke Persib U-20 pasti diterima, tapi dia menolak. Sementara di Persib B, saya butuh pemain yang mengerti pressing, taktik, dan transisi," ungkap Liestiadi, pelatih Persib B, ketika itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.