Sukses

Berbeda, Haornas 2019 Bakal Digelar di Menara Pandang Siring Banjarmasin

Liputan6.com, Banjarmasin- Hari Olahraga Nasional (Hornas) 2019 bakal digelar di kota Banjarmasin Pekanbaru pada Minggu (8/9/2019). Pelaksanaan Haornas kali ini bakal berbeda karena tidak digelar di stadion melainkan di Menara Pandang Siring.

Menara Pandang Siring merupakan ikon kota Banjarmasin. Lokasinya terletak di tepi sungai Martapura dan cocok menjadi tempat penyelanggaraan Haornas 2019.

Rangkaian pelaksanaan Haornas 2019 sendiri sudah dilaksanakan sejak Jumat (6/8/2019) dengan adanya Pameran Gebyar Haornas, Seminar, workshop dan pelaksanaan upacara bendera.

Lalu mengapa rangkaian Haornas pada 6-9 di tepian sungai Martapura bukan stadion? Rupanya ini sesuai dengan tema Haornas ini yaitu"Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja".

Kemenpora mengajak masyarakat menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

"Pemilihan tema bermakna ingin menyampaikan ajakan berolahraga setiap saat dan kondisi apapun, agar masyarakat Indonesia jadi masyarakat yang sehat dan bugar," kata Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, selaku Penanggungjawab Panitia Nasional Peringatan Haornas 2019.

 

 

2 dari 3 halaman

Pameran Haornas

Pada Jumat (6/9/2019), Kemenpora menggelar Pameran Haornas bekerja sama dengan pemprov Kalimantan Selatan. Ada beberapa booth seperti CV Roda Lintas Khatulistiwa, RS Olahraga Nasional dan booth dari beberapa wilayah di Kalsel.

Beragam produk khas Kalimantan Selatan dipamerkan. Menurut Raden Isnanta, ini menjadi bukti olahraga tidak hanya berkisar event saja tapi juga ke sektor lain.

"Semoga masyarakat Kalsel bisa teredukasi dengan kegiatan pameran Haornas 2019. Masyarakat bisa tahu olahraga bisa dipadukan dengan wisata dan juga mendatangkan pekerjaan seperti Esport," katanya.

"Esport masih menimbulkan pro dan kontra. Maka itu besok, kami akan menggelar seminar ilmiah soal Esport sehingga bisa dikupas hingga tuntas."

3 dari 3 halaman

Konsep Seribu Sungai

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur Sahbirin Noor mengaku bangga dipercaya menjadi tuan rumah Haornas. Dia mengatakan tak ingin mengecewakan masyarakat olahraga atas kepercayaan tersebut.

"Olahraga bisa jadikan generasi yang sportif, dekat dengan kejujuran. Karena itu, saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk bergerak dan berolahraga. Karena olahraga itu modal untuk sejahtera,"ujarnya.

Soal keunikan penyelenggaraan dari Haornas sebelumnya, Sahbirin Noor mengatakan pihaknya akan menyuguhkan konsep Seribu Sungai. Makanya, pagelaranya di Menara Pandang Siring yang terletak di tepi Sungai Martapura.

Konsep Seribu Sungai ini dikatakan untuk menggambarkan kondisi Kalsel yang makmur dan indah dengan anugerah berupa sungai-sungai yang mampu menopang kehidupan masyarakat Kalsel.