Sukses

Permalukan Arema FC, Tira Persikabo Naik ke Posisi Kedua Klasemen Liga 1 2019

Tira Persikabo menang 2-1 atas tuan rumah Arema FC pada laga pekan keenam Liga 1 2019 di Stadion Gajayana, Malang, Sabtu (29/6/2019).

Malang - Arema FC dipermalukan tamunya, Tira Persikabo, pada laga pekan keenam Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gajayana, Malang, Sabtu (29/6/2019) malam WIB. Singo Edan kalah 1-2 dan membuat Tira Persikabo naik ke peringkat kedua dalam klasemen sementara Shopee Liga 1 yang disiarkan Indosiar.

Sebuah peluang emas didapatkan Arema FC saat laga baru berjalan empat menit. Berawal dari umpan silang Achmad Farisi dari sisi kiri, Dedik Setiawan dan Makan Konate sama-sama menyambut bola dengan langsung menendang bola bersamaan. Sayang, bola melesat ke atas mistar gawang Tira Persikabo.

Serangan balik cepat dilakukan oleh Tira Persikabo pada menit ke-13. Sebuah umpan panjang dikirimkan ke sisi kanan penyerangan Tira Persikabo yang dikejar oleh Ciro Alves. Sayang, tembakan pemain asal Brasil itu dari sisi kiri gawang Arema masih tipis menyamping di sisi luar.

Tira Persikabo justru akhirnya berhasil unggul lebih dulu lewat gol Osas Saha pada menit ke-25. Osas Saha mencetak gol dengan tandukan yang sangat baik setelah menerima umpan silang dari bek kanan Tira Persikabo, Rifad Marasabessy.

Sebuah peluang didapatkan Arema pada menit ke-43 setelah kiper Tira Persikabo, Angga Saputro, maju dan melakukan duel dengan Rafli di kotak penalti. Bola yang bergerak liar hampir saja didapatkan oleh Dedik Setiawan untuk menceploskan bola ke gawang yang kosong. Namun, kesigapan Rifad Marasabessy menyapu bola ke luar lapangan menghindarkan Tira Persikabo dari kebobolan.

Sebuah kemelut terjadi di depan gawang Tira Persikabo pada menit ke-44. Berawal dari umpan sepak pojok Makan Konate yang berusaha dimaksimalkan oleh Arthur Cunha, Angga Saputro berhasil melakukan penyelamatan. Namun, bola terlepas dan membuat kemelut hingga akhirnya bola keluar lapangan.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Tira Persikabo tidak berubah. Arema FC tentu harus tampil lebih agresif di paruh kedua pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Konate Cemerlang, Arema Tetap Kalah

Arema memulai babak kedua dengan lebih agresif. Sebuah peluang didapatkan tim tuan rumah pada menit ke-48 lewat tandukan Makan Konate. Memanfaatkan umpan silang Alfin Tuasalamony, Makan Konate menanduk bola di dalam kotak penalti. Namun, penjaga gawang Tira Persikabo, Angga Saputro, mampu melakukan penyelamatan dengan baik.

Sebuah peluang didapatkan Makan Konate di depan gawang Tira Persikabo pada menit ke-58. Namun, pemain asal Mali itu langsung mendapat kawalan ketat dari pemain Tira Persikabo. Sempat terjadi kemelut, tapi gawang tim tamu masih tetap mampu selamat dari kebobolan.

Justru peluang emas didapatkan oleh Osas Saha untuk menggandakan keunggulan Tira Persikabo pada menit ke-60. Hanya tinggal berhadapan dengan kiper Arema, Kurniawan Kartika Ajie, Osas Saha gagal memaksimalkan peluang di depan mata karena kiper Arema itu nekat menyelamatkan bola hingga kakinya terinjak oleh Osas Saha.

Arema semakin agresif dalam melakukan penyerangan. Tapi, sayangnya sejumlah peluang yang tercipta, seperti yang dilakukan Makan Konate pada menit ke-68 masih terbuang sia-sia karena tembakannya tidak mengarah tepat ke gawang Tira Persikabo.

Akhirnya Arema berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-79 lewat gol tendangan bebas Makan Konate. Sepakan Makan Konate tak mampu dihalau Angga Saputra yang terganggu oleh pergerakan dua pemain Arema di depan gawangnya sehingga bola dengan mudah masuk dan mengoyak jala.

Namun, Tira Persikabo membuat publik Gajayana terdiam pada masa injury time. Louis Parfait melepaskan tembakan dari tengah lapangan setelah melihat Kurniawan Kartika Ajie sedikit keluar dari sarangnya. Kiper Arema itu sebenarnya bisa menghalau bola, tapi insiden terpeleset di depan gawangnya membuat dirinya gagal menghalau bola yang masuk ke dalam gawangnya.

Kesalahan itu tentu harus dibayar mahal oleh Kartika Ajie karena gol tersebut membuat Arema harus kehilangan tiga poin di depan Aremania yang memadati Stadion Gajayana. Arema pun harus tetap berada di papan bawah, sementara kemenangan bagi Tira Persikabo membawa mereka ke peringkat kedua klasemen sementara dengan 11 poin dari lima laga.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain:

Arema (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Achmad Farisi, Alfin Tuasalamony (belakang); Muhammad Rafli, Makan Konate, Hendro Siswanto (tengah); Ricky Kayame, Dendi Santoso, Dedik Setiawan (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro (kiper); Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Rifad Marasabessy, Abduh Lestaluhu (belakang); Ciro Alves, Manahati Lestusen, Osas Saha (tengah); Wawan Febriyanto, Louis Parfait, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.