Sukses

Bawa Raptors Juara NBA, Nick Nurse Latih Timnas Basket Kanada

Nick Nurse membawa Toronto Raptors menjadi klub Kanada pertama yang menjuarai NBA. Mereka mengalahkan Golden State Warriors 3-2 di final tahun ini.

Liputan6.com, Toronto - Keberhasilan membawa Toronto Raptors menjuarai NBA meningkatkan reputasi pelatih Nick Nurse. Dia dipercaya memimpin timnas basket Kanada pada Kejuaraan Dunia FIBA 2019 di Tiongkok.

"Kami sudah mencapai kesepakatan. Saya tidak sabar segera bekerja," kata Nurse, dilansir Sportsnet.

Nurse membawa Raptors menjuarai NBA setelah mengalahkan juara bertahan Golden State Warriors 4-2 di final. Ini adalah kali pertama tim asal Kanada merebutu gelar NBA.

Bersama timnas basket Kanada, Nurse dilaporkan bakal bekerja hingga Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

"Jeda antara Piala Dunia FIBA dan Olimpiade hanya sekitar 13-14 bulan. Jika cocok, mungkin saya mengorbankan sedikit waktu liburan," kata Nurse.

Sejumlah pemain NBA yang kemungkinan masuk timnas basket Kanada antara lain Andrew Wiggins (Minnesota Timberwolves), Jamal Murray (Denver Nuggets), Kelly Olynyk (Miami Heat), Dwight Powell (Dallas Mavericks) dan Tristan Thompson (Cleveland Cavaliers).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Sebelumnya

Nurse sebelumnya sudah memiliki pengalaman di level internasional. Dia sempat menjadi asisten di timnas basket Britania Raya pada Olimpiade 2012.

"Saya belajar banyak sebagai pelatih di sana (Britania Raya). Saya harap pengalaman ini bakal memberi pelajaran serupa," katanya.

3 dari 3 halaman

Masuk Grup H

Timnas basket Kanada masuk di Grup H Piala Dunia FIBA 2019 bersama Australia, Lithuania dan Senegal. Mereka memulai kampanye pada 1 September melawan Australia.

Sebelum bermain, Kanada berencana menggelar uji coba melawan Nigeria pada 9 Agustus. Mereka kemudian dijadwalkan terbang ke Negeri Kangguru untuk melakoni Australia pada pada 16-17 Agustus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.