Sukses

Raptors Lolos ke NBA Finals, Kanada Dilanda Demam Basket

Liputan6.com, Jakarta Toronto Raptors menorehkan sejarah baru di tahun 2019. Untuk pertama kalinya mereka lolos ke NBA Finals. Pasukan Nick Nurse juga berpeluang besar menjadi jawara NBA musim ini.

Raptors kini memimpin 3-1 atas juara bertahan Golden State Warriors. Artinya Raptors cuma butuh satu kemenangan lagi untuk menjadi juara NBA. Format best of seven dipakai di NBA Finals 2019. 

Kawhi Leonard dan kawan-kawan masih menyisakan dua pertandingan di kandang, Scotiabank Arena. Raptors akan mengunci gelar jika besok, Selasa (11/6/2019) menang di kandang sendiri saat menjamu Warriors.

Sukses Warriors berlaga di NBA Finals membuat demam bola basket melanda tak hanya di kota Toronto tapi seantero Kanada. Maklum saja, Raptors merupakan satu-satunya tim NBA yang bermarkas di Kanada. Selama ini belum pernah ada tim Kanada jadi juara NBA.

"Luar biasa sambutan masyarakat Kanada. Semua melek basket sekarang. Yang tidak pernah nonton basket pun menjadi tertarik basket. Tidak hanya di Toronto tetapi seluruh Kanada mengingat Raptors adalah satu-satunya klub NBA yang homenya di Kanada. Putri saya juga minta diantar ke Toronto agar bisa nobar samateman- temannya di Jurassic Park Square," ujar WNI yang tinggal di Kanada, Abul Asri Siregar.

Antusiasme publik Kanada dan Toronto membuat Scotiabank Arena terisi penuh saat pertandingan NBA Finals. Sulit untuk mendapatkan tiket menyaksikan langsung di Scotiabank Arena.

2 dari 3 halaman

Jurassic Park

Karena tingginya animo warga mendukung Raptors, sementara kapatistas Scotiabank Arena hanya 19.800 tempat duduk, diadakan nonton bareng. Acara nobar digelar di beberapa tempat di Toronto maupun berbagai daerah di Kanada dengan pusatnya di depan Scotiabank Arena yang diberi nama Jurassic Park. Tak hanya saat Raptors main di kandang, saat away pun nobar juga diadakan.

"Mereka mengadakan nonton bareng, di depan markas Raptors (Scotiabank arena), Jurassic Park selalu membludak setiap ada pertandingan Raptors baik pertandingan di Toronto maupun di Oakland (markas Warriors). Bahkan sejak jam 7 pagi orang sudah mengantri untuk masuk. Banyak tempat-tempat dijadikan arena nonton bareng, termasuk Stadion sepak bola Toronto FC (BMO Arena), Cineplex di seluruh Kanada. Tiket masuk (free) ke nobar tersebut langsung habis dalamWaktu kurang dari 1 jam," ujar Abul ketika dihubungi Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

WNI Nobar

WNI yang tinggal di Kanada pun sangat antusias mendukung Raptors di NBA Finals. "Kami juga mengadakan Nobar di rumah masyarakat Indonesia di Kanada," imbuh Abul.

Logo Raptors dan slogan "We The North" bertebaran di jalan-jalan di kota Toronto baik di jendela restoran, di langit-langit pusat berbelanjaan hingga gedung-gedung pemerintahan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bintang NBA Curhat Hampir Diculik di Indonesia
Artikel Selanjutnya
NBA: Celtics Pertahankan Pemain Raksasa Tacko Fall