Sukses

Van Gaal: MU Dipimpin Orang yang Tak Paham Sepak Bola

Liputan6.com, Manchester - Louis van Gaal mengkritik mantan tim asuhannya, Manchester United (MU). Van Gaal menyebut MU saat ini dipimpin oleh orang yang tak mengerti sepak bola.

"Di Bayern Munchen, orang-orang yang bekerja adalah mereka yang mengerti sepak bola. Saya selalu mengapresiasinya," kata Van Gaal yang juga pernah menukangi Bayern Munchen, seperti dilansir Calciomercato.

"Di MU sebaliknya, Ed Woodward bekerja sebagai CEO, orang yang tak punya pengetahuan sama sekali soal sepak bola, yang sebelumnya investor bank," ujar Van Gaal menambahkan.

Van Gaal pernah melatih MU dari musim 2014/15 hingga akhir musim 2015/16. Selama dua musim, manajer asal Belanda ini hanya mempersembahkan trofi Piala FA.

Menurut Van Gaal, perekrutan Woodward membuat semua kebijakan MU dinilai dari sudut pandang komersil. Ia menilai, hal itu membuat MU hanya bagus dari sisi keuangan.

"Sebuah klub tak bisa bagus ketika hanya dijalankan dari perspektif komersil," ujar Van Gaal.

 

 

2 dari 3 halaman

Perekrutan Mourinho

Van Gaal menambahkan, salah satu kebijakan berbau komersil adalah perekrutan Jose Mourinho. Menurutnya, Mourinho didatangkan karena bagus secara bisnis.

"Saya bukannya menentang rencana klub. Mereka menginginkan Mourinho dan dia tersedia. Tetapi merekrut Mourinho jelas bagus secara bisnis," ujar Van Gaal mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Terpuruk

MU saat ini boleh dibilang sedang terpuruk. Di musim ini, MU tak lolos ke Liga Champions setelah hanya finis di peringkat keenam.

Alhasil, pasukan Ole Gunnar Solskjaer hanya akan berkompetisi di Liga Europa musim depan. Beberapa pemain pun menjadi sasaran kemarahan fans antara lain Paul Pogba dan Romelu Lukaku.