Sukses

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam: Laga Penentu Garuda Muda

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi laga penentu pada kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Hasil laga tersebut untuk mengetahui apakah skuat racikan Indra Sjafri ini masih punya peluang lolos ke putaran final yang akan berlangsung di Thailand pada tahun depan.

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Vietnam pada laga kedua Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang akan cukup menentukan peluang lolos Marinus Wanewar dan kolega. Laga ini akan dimainkan di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (24/3/2019). 

Tim Garuda Muda dalam kondisi harus meraih kemenangan di pertandingan kontra Vietnam. Kekalahan telak 0-4 dari Thailand di laga pertama yang digelar pada Jumat (22/3/2019), membuat Timnas Indonesia U-23 tak boleh lagi kehilangan poin, mengingat hanya juara grup dan empat atau lima runner-up terbaik yang lolos ke putaran final.

Namun, perjuangan tim asuhan Indra Sjafri itu tidak akan mudah. Kenyataan Vietnam saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 seusai meraih kemenangan lebih telak, 6-0 atas Brunei Darussalam, tentu membuat Tim Garuda Muda harus ekstra berusaha.

Selain itu, Vietnam merupakan finalis Piala AFC U-23 2018. Mereka menjadi tim Asia Tenggara pertama yang mencapai partai puncak turnamen Asia kategori U-23 itu.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri, tetap optimistis tim asuhannya bisa bangkit dari kekalahan di laga pertama. Indra Sjafri menegaskan hal yang paling penting adalah mengembalikan lebih dulu mentalitas pemain agar bisa bermain lepas di pertandingan kontra Vietnam.

"Setelah laga kemarin, ada dua hal yang kami lakukan. Pertama, mental pemain harus dikembalikan dan siap bertanding menghadapi Vietnam. Kedua, kami mengamati benar laga pertama Vietnam, jadi kami sudah melakukan latihan untuk mengantisipasi pertandingan ini," ujar Indra Sjafri, Sabtu (23/3/2019).

"Mentalitas harus diperbaiki, moral harus dikembalikan. Kami siap menghadapi laga ini dan akan merespons agresivitas permainan Vietnam dengan taktik kami," lanjut Indra.

2 dari 3 halaman

Hadapi Timnas Indonesia U-23, Vietnam Bakal Total Ofensif

Timnas Vietnam memperlihatkan dominasinya di depan pendukung mereka ketika membungkam Brunei Darussalam dengan skor telak 6-0 di pertandingan pertama. Namun, sang pelatih, Park Hang-seo, merasa timnya memiliki begitu banyak peluang sehingga kemenangan dengan setengah lusin gol terasa masih kurang.

Hal tersebut membuat pelatih asal Korea Selatan itu berjanji timnya akan tetap bermain menyerang ketika menghadapi Timnas Indonesia U-23 di pertandingan kedua. Mengakui kualitas Timnas Indonesia U-23 yang disebutnya memiliki banyak pemain bagus, Park Hang-seo, merasa timnya tidak boleh mengendurkan tekanan di laga kedua yang mereka jalani.

"Kami akan bermain habis-habisan untuk meraih kemenangan dalam pertandingan menghadapi Indonesia. Sementara hasil yang diraih Thailand, saya tidak akan memikirkannya," ujar Park Hang-seo seperti dilansir Zing.vn.

Vietnam pun membutuhkan kemenangan atas Timnas Indonesia U-23 untuk bisa memastikan mereka bisa lolos secara otomatis ke putaran final Piala AFC U-23 2020, di mana untuk itu hanya status juara grup yang paling mudah, mengingat hanya akan ada lima atau empat tim dengan status runner-up terbaik yang ikut lolos ke putaran final.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Awan Setho (kiper); Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika (belakang); M. Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri (tengah); Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Vietnam U-23 (4-4-2): Bui Tien Dung (kiper); Do Thanh Thinh, Huynh Tan Sinh, Hon Tan Tai, Don Van Hau (belakang); Nguyen Thanh Chung, Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Nguyen Hoang Duc (tengah); Dinh Thanh Binh, Ha Duc Chinh (depan)

Pelatih: Park Hang-seo

 

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tantang UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2020, Timnas Indonesia Berkumpul Lagi Awal Oktober
Artikel Selanjutnya
Daftar Peserta Piala AFC U-16 2020: Timnas Indonesia U-16 Satu-Satunya Wakil ASEAN