Sukses

Perjalanan Ezra Walian Bersama Timnas Indonesia Sebelum Dilarang FIFA

Liputan6.com, Jakarta Ezra Walian dipastikan gagal membela timnas Indonesia U-23 pada Kualifikasi Piala AFC U-23 di Vietnam. FIFA menilai, pemain naturalisasi itu telah melanggar statuta terkait pemain yang berpindah kewarganegaraan.

Dalam suratnya, FIFA menganggap Ezra telah melanggar pasal 5 ayat 2 yang menyebut pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi, tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

"Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda." demikian bunyi surat tersebut.

Surat tersebut ditandatangani oleh Football Regulatory Directory Omar Ongaro dan Erika Montemor selaku bagian Player Status.

Ezra Walian sendiri dinaturalisasi pada Maret 2017. Penetapan naturalisasi Ezra tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 5/PWI Tahun 2017 yang dikeluarkan, Senin (20/3/2017).

Ezra Walian pun sudah pernah berkostum dan berlaga bagi timnas Indonesia di bawah asuhan Luis Milla. Ia melakukan debut pada 21 Maret 2017 saat timnas Indonesia melawan Myanmar.

 

2 dari 3 halaman

Tampil di SEA Games 2017

Di timnas Indonesia, Ezra diketahui telah membuat enam caps. Empat caps di antaranya dibuat saat tampil di SEA Games 2017 Malaysia.

Di SEA Games 2017, Ezra menyumbang satu gol saat timnas Indonesia U-22 menang 2-0 atas Kamboja. Itu adalah satu-satunya gol yang dibuat Ezra di ajang tersebut.

Ezra sebetulnya beberapa kali dipanggil ke timnas Indonesia untuk laga persahabatan. Namun klubnya di Belanda enggan melepasnya karena bukan agenda resmi FIFA.

3 dari 3 halaman

Caps Ezra di Timnas Indonesia

Indonesia 1-3 Myanmar (Laga persahabatan)

Indonesia 3-0 Filipina, (SEA Games 2017)

Indonesia 0-1 Malaysia (SEA Games 2017)

Indonesia 0-0 Vietnam (SEA Games 2017)

Indonesia 3-1 Myanmar (SEA Games 2017)

Indonesia 3-0 Bali United (Laga persahabatan)

Loading
Artikel Selanjutnya
PSSI Siapkan Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20
Artikel Selanjutnya
Jadwal Timnas Indonesia di Markas Thailand, Pelatih Baru Jalani Debut?