Sukses

Perjalanan Karier Ezra Walian Sebelum Dilarang FIFA Bela Timnas Selamanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar terbaru menghebohkan dunia persepakbolaan Indonesia, karena jelang matchday 1 di kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat striker naturalisasi yakni Ezra Walian. Kepastian Ezra gagal ikut serta ialah saat FIFA resmi memberikan jawaban atas permintaan AFC tentang status Ezra.

Hasilnya sangat mengejutkan, Ezda dilarang tampil bersama Timnas Indonesia. Hal itu dikarenakan dokumen yang diberikan PSSI meliputi dokumen sumpah, decree, pernyataan Ezra Walian, paspor Belanda, dan paspor Indonesia.

Kemudian FIFA mempelajari dokumen dari Ezra Walian tersebut, dengan keputusan akhir Ezra dinyatakan tidak boleh bermain di Timnas Indonesia. Alasannya Ezra pernah bermain pada kompetisi resmi di Liga Belanda sebelum dirinya melakukan proses naturalisasi. Alasan lainnya karena Ezra juga pernah membela Timnas Belanda U-17.

Dengan pernyataan tersebut, membuat Ezra Walian otomatis tidak akan bermain lagi untuk Garuda, baik di tingkat U-23 ataupun tingkat senior. Penyataan resmi FIFA tertuang pada surat  tanggal 21 Maret 2019.

Surat tersebut ditandatangani oleh Football Regulatory Directory Omar Ongaro dan Erika Montemor selaku bagian Player Status. Surat tersebut resmi diterima oleh Ratu Tisha, sekjen PSSI. Statuta FIFA yang tidak memperbolehkan Ezra bermain ialah berada dipasal 8 ayat 1 di Statuta FIFA.

Keputusan FIFA ini sebenernya cukup mengejutkan, karena seperti diketahui Ezra sebelumnya bisa bermain bersama Timnas Garuda di tahun 2017. Meskipun ada berita yang menyedihkan terkait Ezra yang tidak dapat bermain lagi untuk skuad Garuda, berikut terangkum 5 fakta tentang perjalanan karier Ezra Walian dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/03/2019).

2 dari 3 halaman

Perjalanan karier Ezra Walian

1. Ezra Walian sudah memiliki 3 koleksi gelar tim yakni berhasil menjadi juara di Dutch U17 Champion bersama Ajax Amsterdam U17, lalu bersama Ajax Amsterdam U19, Ezra mampu raih gelar Dutch U19 Champion berturut-turut dari tahun 2014, 2015, dan 2016.

2. Selama kariernya, Ezra telah membela 3 tim yakni Ajax Amsterdam U18, U19, lalu Almere City serta RKC Waalwijk. Dengan total pertandingan yang Ezra jalani 120 pertandingan.

3. Ezra Walian sudah mampu memcetak 33 gol dan 11 assist selama perjalanan karir profesional sepak bolanya.

3 dari 3 halaman

Statistik Ezra musim ini dan Timnas Indonesia

4. Musim ini bersama RKC Waalwijk, Ezra sudah mencatatkan 23 kali bermain dengan catatan 4 gol. Total menit bermain Ezra di RKC Waawijk ialah 1265 menit atau kalau dirata-rata bermain 55 menit pada satu pertandingan.

5. Debut Ezra Walian bersama Timnas ialah pada 21 Maret 2017 di bawah pelatih Luis Milla diumur 19 tahun 4 bulan. Hingga kini Ezra Walian sudah catatkan 5 caps untuk Timnas Indonesia dengan catatan 1 gol dibuat Ezra untuk garuda d ajang resmi.

Itulah 5 fakta tentang karier Ezra. Sangat disayangkan, menjelang laga lawan Thailand di ajang Kualifikasi Piala AFC, skuad Garuda harus menerima kenyataan bahwa ujung tombak Ezra Walian tidak bisa membela timnas. Walaupun demikian semoga Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan masih bisa menunjukkan prestasi tertinggi di kualifikasi Piala AFC. Forza Garuda!

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal Final Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di SEA Games 2019
Artikel Selanjutnya
Vietnam Pertaruhkan Harga Diri Lawan Timnas Indonesia U-22