Sukses

Petinggi Klub Nyaris Pingsan Saat Gattuso Jadi Pelatih AC Milan

Liputan6.com, Milan - Gennaro Gattuso menjadi nakhoda AC Milan pada 27 November 2017. Dia terikat bersama klub berjulukan Rossoneri itu hingga 30 Juni 2021.

Adalah Massimiliano Mirabelli, mantan direktur AC Milan, yang menunjuknya sebagai pelatih kepala. Sebelumnya, Gattuso merupakan pelatih AC Milan U-19.

Ketika diberi kuasa penuh menunjuk pelatih untuk menggantikan Vincenzo Montella, Mirabelli nyaris membuat para petinggi AC Milan pingsan. Sebabnya, dia menunjuk Gattuso, yang terkenal sebagai pria penuh emosi saat masih menjadi pemain.

Para petinggi AC Milan ragu Gattuso bakal membawa klub kembali kekejayaannya. Namun, Mirabelli menjadi satu-satunya orang yang percaya setelah melihat capaian Gattuso di tim akademi.

Nakhoda berusia 41 tahun itu mampu mencatatkan delapan kemenangan, satu imbang, dan menelan tiga kekalahan selama menakhodai AC Milan U-19.

"Tak ada media yang memperkirakan Rino (sapaan Gattuso) bisa memetik hasil-hasil impresif sedemikian rupa. Mudah saja mengatakan ini semua di atas kertas, tapi saya berjudi dengan sesuatu yang nyata ketika saya membuat pilihan ini," ujar Mirabelli, dikutip dari Goal.

"Penguasa klub dari Tiongkok memberitahu saya, pilihlah siapa pun yang saya mau sebagai pelatih. Namun, mereka hampir pingsan ketika saya memilih Gattuso. Mereka mengatakan, saya akan menghadirkan petanda buruk," katanya menambahkan.

 

 

2 dari 3 halaman

Perjudian Berhasil

Mirabelli kini bisa berbangga hati. Sebab, perjudiannya untuk AC Milan berhasil. Gattuso membawa Rossoneri duduk nyaman di posisi ketiga dalam klasemen Liga Italia dengan raihan 51 poin.

Bahkan, dalam 10 pertandingan terakhir di Liga Italia, AC Milan tidak terkalahkan. AC Milan mencatatkan tujuh kemenangan dan tiga hasil imbang.

Tentunya, Mirabelli pun punya alasan tersendiri menunjuk Gattuso menjadi pelatih AC Milan. Menurutnya, Gattuso punya karakteristik yang dibutuhkan AC Milan untuk bangkit.

"Gattuso adalah sosok yang rendah hati dan selalu mau belajar, dia sengaja mengelilingi dirinya dengan para kolaborator cerdas, yang bisa mengatakan tidak padanya ketika diperlukan," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Gattuso

Berikut statistik Gattuso sejak menakhodai AC Milan:

Main: 70

Menang: 35

Imbang: 20

Kalah: 15

Pemain yang digunakan: 39

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Prediksi Bologna Vs AC Milan: Menguji Konsistensi I Rossoneri
Artikel Selanjutnya
Paolo Maldini Bikin Pangling, Ini 8 Potret Lawasnya