Sukses

Profil Brahim Diaz, Pemain Baru Real Madrid dengan Skill Lionel Messi dan David Silva

Liputan6.com, Jakarta Brahim Diaz, gelandang muda asal Spanyol resmi direkrut Real Madrid. Madrid mengumumkan bahwa mereka resmi merekrut Brahim Diaz pada Minggu malam alias Senin (07/01) dini hari WIB. Manajemen Los Blancos harus mengeluarkan dana 17,3 juta euro (Rp 281 miliar) plus 7,3 juta euro (Rp 118 miliar) demi meminang Brahim Diaz.

Gelandang berusia 19 tahun itu sebelumnya menghabiskan waktunya selama lima tahun di Manchester City. Di Madrid, ia meneken kontrak berdurasi enam setengah tahun.

Brahim Diaz merupakan rekrutan pertama Real Madrid di bursa transfer Januari ini. Selain Diaz, Real Madrid juga dikaitkan dengan nama-nama seperti Mauro Icardi (Inter Milan), dan Harry Kane (Tottenham Hotspur).

Berposisi sebagai gelandang, Brahim Diaz harus bersaing dengan nama-nama yang lebih senior seperti Luka Modric, Toni Kroos, dan Isco Alarcon.

2 dari 4 halaman

Bangga bisa gabung Real Madrid

Brahim Diaz, mengaku bangga bisa bergabung dengan Real Madrid. Baginya, Madrid adalah klub terbaik di dunia dan jauh lebih hebat ketimbang Manchester City.

Bersama Real Madrid, Brahim Diaz sepakat menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2025. Diaz bakal memakai nomor punggung 21 yang sebelumnya pernah digunakan oleh pelatih Real Madrid, Santiago Solari, ketika masih aktif bermain.

Brahim Diaz berharap bisa lebih sering mendapat kesempatan tampil di Real Madrid. Pasalnya, dia kerap duduk di bangku cadangan ketika masih berseragam Manchester City.

"Saya sangat berterima kasih kepada Manchester City karena mereka menghargai saya, tetapi saya sangat bahagia berada di klub terbaik di dunia dan saya ingin memainkan peran penting di sini. Saya benar-benar ingin segera tampil," ujar Diaz sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Bola.com

"Saya datang dengan tujuan untuk tersedia bagi pelatih Real Madrid, karena dia yang memutuskan. Saya harus siap, bekerja keras dan dengan kerendahan hati," papar Diaz.

3 dari 4 halaman

Profil Brahim Diaz

Brahim Diaz memiliki nama lengkap Brahim Abdelkader Diaz dan lahir di Malaga, Spanyol 3 Agustus 1999. Brahim Diaz merupakan alumni akademi Malaga dari tahun 2010 hingga 2013. Setelahnya, Brahim Diaz merantau ke Inggris dengan masuk akademi Manchester City di usia 14 tahun.

Brahim Diaz pindah ke Manchester City pada tahun 2015 di usia 16 tahun dengan nilai kontrak £200ribu. Tak butuh waktu lama bagi Brahim Diaz untuk menembus skuat utama Manchester City. Brahim Diaz melakoni debut untuk City pada usia 17 tahun 49 hari, melawan Swansea di Piala Liga Inggris 2016-2017.

Pada 21 September 2016, Brahim Diaz melakoni debut bersama City. Brahim Diaz datang sebagai pemain pengganti di menit ke-80 menggantikan Kelechi Iheanacho saat melawan Swansea City. Lima hari kemudian ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan City untuk tiga tahun.

Tak lama setelah itu, Brahim Diaz mendapatkan kesempatan tampil di Liga Champions pada musim 2017-2018. Brahim Diaz adalah pemain kedua termuda (18 tahun) dalam sejarah Manchester City yang mampu bermain di Liga Champions.

Gol pertama Brahim Diaz datang saat Manchester City melawan Fulham di Piala Liga. Tak tanggung-tanggung, Brahim Diaz langsung mencetak dua gol.

Pada tanggal 27 juli 2017, Brahim Diaz tampil kembali sebagai pemain pengganti saat melawan Real Madrid dalam persahabatan International Champions Cup dan menyumbang gol terakhir untuk kemenangan City 4-1.

4 dari 4 halaman

Perpaduan Lionel Messi dan David Silva

Brahim Diaz disebut-sebut punya perpaduan gaya bermain Lionel Messi dan David Silva. Kemampuan menggiring bolanya disejajarkan dengan Lionel Messi, kecepatan membuatnya sulit diburu lawan.

Teknik jempolan Brahim Diaz sudah terdeteksi sejak dini. Kala itu, rekaman pertandingan dirinya bersama akademi Malaga menghebohkan publik. Brahim Diaz mampu memanipulasi bola dengan cara seperti Messi dan David Silva. Layaknya kedua bintang tersebut, Brahim Dia juga punya kemampuan berperan sebagai gelandang serang atau posisi menyerang lainnya.

Menariknya, Brahim Diaz bisa bermain dengan dua kaki sekaligus. Kedua kaki Diaz aktif, tapi sekarang dia lebih sering menggunakan kaki kiri sebagai senjata andalan. Pada 2017 Diaz mencetak gol brilian ke gawang Real Madrid di masa pramusim. Sebuah tembakan dari kaki kirinya berhasil menaklukkan Kiko Casilla.

Brahim Diaz melakukan debut di Liga Champions pada musim lalu ketika jadi pemain pengganti lawan Feyenoord pada November.

Tak cuma bersama Manchester Citu, kala membela timnas negaranya, Brahim Diaz juga selalu gemilang. Brahim Diaz menjadi pemain penting kesuksesan Spanyol U-17 melaju ke babak final Euro 2016, dan setahun kemudian membawa Manchester City ke final FA Youth Cup.

Musim lalu Spanyol menjadikannya pemain ketiga termuda tim U-21 pada usia 18 tahun dan 28 hari di laga melawan Italia.

Karier Brahim Diaz bersama Manchester City

Karier

- Tim Muda Manchester City (2013-2018)

- Manchester City Senior (2018/19)

- Real Madrid (2019-)

Gelar

1 Liga Inggris (2018)

1 Piala Liga (2018)

1 Community Shield (2018)

Loading
Artikel Selanjutnya
Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Kian Jauhi Real Madrid
Artikel Selanjutnya
Man City Siapkan Bomber Juventus Gantikan Aguero