Sukses

Resmi Tangani Timnas Indonesia, Ini Profil Simon McMenemy

Simon McMenemy baru ditunjuk sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI memutuskan menunjuk Simon McMenemy sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia. Pelatih berusia 41 tahun menggantikan Bima Sakti, yang posisinya digeser ke Timnas Indonesia U-16.

Simon McMenemy punya karier cukup bagus di Indonesia, terutama ketika membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 2017. Di Liga 1 2018, McMenemy membawa Bhayangkara FC finis tiga besar di klasemen.

Pria asal Skotlandia ini diketahui serius menggeluti pelatih sepak bola sejak usia yang tergolong muda. McMenemy merupakan seorang lulusan sarjana Ilmu Olahraga (sport studies) De Montford University, Inggris.

Selepas lulus dari bangku kuliah, dia melatih klub Hayward Heath FC, sebuah klub yang mengikuti liga lokal di wilayah Sussex, Inggris dengan nama Sussex County Football League. Simon McMenemy juga pernah menjadi asisten pelatih dari tim non-Liga Inggris, Worthing F.C.

McMenemy ditunjuk menjadi pelatih Timnas Filipina ketika usianya baru 33 tahun. Dia mengantarkan Filipina ke semifinal Piala AFF 2010, di mana momen itu memperkenalkan dia dengan publik sepak bola Indonesia.

Pada Januari 2011 dia meninggalkan kursi kepelatihan timnas Filipina dan melatih klub Indonesia, Mitra Kukar. Namun pada Maret 2012 kontraknya diputus Mitra Kukar, karena torehannya dinilai tidak sesuai ekspektasi.

Pria bernama lengkap Simon Alexander McMenemy ini lahir pada 6 Desember 1977 di Haywards Heath, Skotlandia. Dia mulai menunjukkan kecintaannya kepada sepak bola Indonesia. Pada 2013, McMenemy melatih klub Indonesia lainnya, Pelita Bandung Raya, yang sekarang menjadi Madura United.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lisensi Pro UEFA

Sejumlah klub di Asia pernah dia tangani seperti New Radiant dari Maladewa dan Loyola Meralco Sparks dari Filipina. Dua musim terakhir, McMenemy menangani Bhayangkara FC.

McMenemy merupakan pelatih pemegang lisensi Pro UEFA. Dia biasa menerapkan pola 4-3-3 untuk tim yang ditanganinya. Bukan tak mungkin, selama dilatih McMenemy, Timnas Indonesia juga akan memakai formasi yang sama.

PSSI mengontrak McMenemy selama dua tahun. Patut kita tunggu racikan bapak anak satu tersebut untuk Tim Garuda hingga dua tahun ke depan.

3 dari 3 halaman

Profil Simon McMenemy

Profil

Nama Lengkap: Simon Alexander McMenemy

Lahir: Haywards Heath, Skotlandia

Tanggal Lahir: Selasa, 6 Desember 1977

Istri: Sarah McMenemy

Anak: Hunter James McMenemy

Karier Manajer Tim

2009 – 2010: Worthing (Assistant Manager)

2010: Timnas Filipina

2011: Dong Tam Long An (Vietnam)

2011 - 2012: Mitra Kukar (Indonesia)

2013 - Pelita Bandung Raya (Indonesia)

2014: New Radiant (Maladewa)

2014 - 2016: Loyola Meralco Sparks (Filipina)

2016 - 2018: Bhayangkara FC (Indonesia)

2018 - Timnas Indonesia

Saksikan video menarik di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.