Sukses

Rahasia Tendangan Bebas Menukik Ala Lionel Messi

Tendangan bebas Lionel Messi kini lebih berbahaya, apa rahasianya?

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi kini menjadi momok menakutkan bagi para kiper di La Liga dan Eropa. Maklum, tendangan bebas La Pulga belakangan ini kerap sulit dihentikan.

Lionel Messi memang menjadi spesialis pengambil tendangan bebas di Barcelona. Dia menjadi pilihan utama dan tugasnya dialihkan ke pemain lain kalau sedang absen.

Cara eksekusi tendangan bebas Lionel Messi cukup unik. Dia hajar bola, angkat kepala, miringkan tubuh dan mengangkat bola ke arah gawang sesuai yang diinginkannya.

Meski begitu, dia tak selalu mematikan saat mengambil tendangan bebas. Utamanya pada awal-awal dia ditugasi sebagai eksekutor tendangan bebas pada 2008-2009 lalu.

Setelah empat musim lakoni debut, baru pada musim kelimanya Lionel Messi mencetak gol lewat tendangan bebas. Itupun hanya 1 kali dari 7 tendangan bebas yang diambilnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Musim Berikutnya

Pada musim 2009-2010, jumlah gol Messi dari tendangan bebas naik menjadi 2 gol. Itupun diambil dari 16 kesempatan tendangan bebas.

Musim demi musim berlalu, Messi benar-benar tajam dengan tendangan bebas pada musim lalu 2017-2018. Dia mampu mencetak 7 gol dari 72 kali tendangan bebas.

Statistik ini bisa berubah lagi musim ini. Maklum dari 19 kali tendangan bebas, Messi sudah mencetak 4 gol. Lalu apa rahasianya sehingga bisa lebih tajam di beberapa musim terakhir?

Seperti dilansir Marca, Messi lebih sering berlatih tendangan bebas. Selain itu, dia juga kerap mengubah strategi tendangan bebasnya.

Penggunaan alat semprot wasit untuk membatasi pemain lawan 9,15 meter dari bola juga membuat Messi lebih efektif.

3 dari 3 halaman

Rahasia Lain

Diketahui pula kini, Messi sudah mengubah cara dia menendang bola saat latihan. Dia menggunakan boneka plastik sebagai penghalang antara dia dan gawang.

Yang lebih berpengaruh yaitu sudut kaki penunjang saat tendangan bebas yaitu kaki kanan. Sudutnya kini yaitu 50 derajat.

Dulu bagian luar kaki kanan yang menunjang tubuh Messi, tapi kini Messi menggunakan seluruh bagian telapak kakinya. Ini membuatnya lebih stabil saat menyepak bola.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.