Sukses

5 Fakta Sejarah Barcelona Vs Real Madrid, El Clasico Pertama 116 Tahun Silam

Barcelona kontra Real Madrid atau yang dikenal dengan El Clasico sudah digelar sejak 116 tahun silam.

Liputan6.com, Barcelona - El Clasico tidak diragukan lagi adalah salah satu derby terbesar dalam sepak bola. Persaingan antara dua raksasa La Liga, - Barcelona dan Real Madrid terjadi sejak 116 tahun silam.

Para pencinta sepak bola dunia selalu menikmati bentrokan antara Barcelona kontra Real Madrid. Barcelona memenangkan El Clasico pertama 3-1 pada tahun 1902.

Real Madrid dan Barcelona telah bertemu dalam 236 pertandingan kompetitif. Dalam rekor pertemuan, Los Blancos lebih baik dari Blaugrana.

Klub ibu kota Spanyol itu mencatatkan 95 kemenangan atas Barcelona. Namun, Barcelona malam ini WIB di Camp Nou, bertekad memperbaiki torehan rekor pertemuan mereka di El Clasico.

Pertandingan nanti menariknya tidak akan diperkuat dua ikon sepak bola dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi absen membela Blaugrana karena cedera, sedangkan Ronaldo telah meninggalkan Real Madrid untuk berkostum Juventus musim panas lalu.

Ini El Clasico pertama sejak 2007 di mana tidak ada Messi atau Ronaldo terlibat di dalamnya. Berikut 5 fakta sejarah seputar El Clasico seperti dilansir Sportstarlive.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Fakta Sejarah

Fakta Sejarah El Clasico

1. 4 pertemuan pertama El Clasico, nama klub yang bertanding yakni FC Barcelona dan Madrid FC. Baru pada 1920, awalan 'Real' diberikan oleh Raja Alfonso XIII kepada klub ibu kota Spanyol, Real diterjemahkan sebagai 'Royal' dalam bahasa Inggris.

2. Real Madrid bisa bangga punya rekor kemenangan terbesar El Clasico. El Real pernah menang 11-1 atas Barcelona pada laga Copa del Rey 1943.

Ketegangan dalam pertandingan kala itu begitu tinggi sehingga secara luas dianggap sebagai salah satu katalis untuk permusuhan antara Barcelona dan Real Madrid.

3. Duel El Clasico menjamin terciptanya gol, setidaknya dalam periode tertentu. Terakhir kali El Clasico tanpa gol terjadi pada 2002, saat kedua tim bermain imbang 0-0 di Camp Nou.

Sementara sejak itu, terdapat 46 pertandingan El Clasico dan sebanyak 152 gol tercipta. Ini bukti banyak gol lahir di El Clasico.

3 dari 3 halaman

Berebut Pemain

4. Barcelona dan Real Madrid tidak hanya berjuang di lapangan tetapi juga berjuang untuk pemain di bursa transfer. Kasus-kasus terbaru termasuk Neymar, Andre Gomes dan Dani Ceballos, adalah pemain yang diperebutkan kedua tim.

Tetapi pertempuran transfer pemain yang paling terkenal adalah saat perekrutan Alfredo Di Stefano. Real Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dengan mengontraknya dan sisanya, berbagai trofi termasuk lima Piala Champions (Liga Champions) dimenanginya.

5. Tidak banyak pemain yang mewakili kedua klub selama karier mereka, tetapi pelatih Real Madrid saat ini Julen Lopetegui adalah salah satu dari sedikit yang telah melakukannya. Meskipun ia tidak pernah ambil bagian dalam pertandingan El Clasico selama kariernya sebagai penjaga gawang, ia berada di skuat Real Madrid dari 1988 hingga 1991 dan memperkuat Barcelona antara 1994 dan 1997.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.