Sukses

Egy Maulana Pastikan Timnas Indonesia U-19 Akan Total Lawan UEA

Liputan6.com, Jakarta - Kesalahan individu jadi penyebab kekalahan Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Qatar. Untuk melawan Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10/2018), mereka tak boleh melakukan kesalahan serupa jika ingin lolos ke 8 besar.

Indra Sjafri menyebut bahwa kekalahan Timnas Indonesia U-19 dari Qatar bukan karena permainan tim yang buruk. Pelatih asal Sumatera Barat itu menilai bahwa kesalahan-kesalahan individu yang dilakukan pemainnya jadi penyebab utama.

Hal itu yang membuat Qatar tak kesulitan mencetak tiga gol hanya dalam waktu 24 menit. Bahkan, Qatar sempat menambah keunggulan jadi 6-1 saat laga baru memasuki menit ke-56. Namun, saat permainan sudah mulai membaik ditambah pergantian jitu yang dilakukan Indra Sjafri, Indonesia pun menunjukkan aksi kebangkitan.

Buktinya, dari tertinggal 1-6, Timnas Indonesia U-19 bisa memperkecil ketertinggalan jadi 5-6. Empat gol Garuda Nusantara di babak kedua dicetak lewat hattrick Todd Rivaldo Ferre dan satu gol Saddil Ramdani.

Karenanya, Egy Maulana Vikri pun meminta rekan-rekannya untuk fokus pada laga melawan UEA. Apalagi, ini adalah laga yang menentukan nasib Indonesia dalam upaya mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia U-20 2019.

 

2 dari 3 halaman

Benahi Mental

"Harapan lawan UEA suporter dapat mendukung kita. Harapan kita untuk lolos tetap ada. Kalau kita pemain, semua yakin semua habis-habisan di situ. Kita tidak berpikir yang lain, kita fokus di situ," tutur Egy.

Satu pelajaran yang dipetik Egy dari laga melawan Qatar adalah terkait psikologis atau mental. Indra Sjafri pun mengakui bahwa timnya memiliki masalah tersebut kala menghadapi Qatar. Dan itu yang membuat para pemainnya kerap melakukan kesalahan sendiri.

"Saya minta mental bertanding dibenahi sama teman-teman saat kita ketinggalan. Pemain down saat suporter berteriak saat kita tertinggal, kita benahi itu semua agar tidak down. Ke depannya semoga lebih baik lagi," ajak pemain Lechia Gdanks itu.

Melihat situasi ini, hanya kemenangan atas UEA yang bisa membantu Indonesia untuk mengamankan tiket 8 besar Piala AFC U-19. Jika kalah atau imbang, Indonesia hanya akan finis di posisi ketiga di bawah UEA dan Qatar.

3 dari 3 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Indonesia vs Uni Emirat Arab

24 Oktober 2018

19.00 WIB

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Live RCTI

Speeboat Tabrak Pohon, 7 Penumpang Meninggal
Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Singapura Rintangan Pertama
Artikel Selanjutnya
Lawan UEA, Timnas Indonesia U-19 Ingin Suporter Penuhi SUGBK