Sukses

Diunggulkan, Timnas Indonesia U-19 Tetap Hormati Taiwan

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 dan Taiwan akan mengawali petualangan di Piala AFC U-19 dengan bertarung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (18/10/2018). Ini adalah langkah awal kedua tim dalam misi lolos ke perempat final.

Di atas kertas, Timnas Indonesia U-19 jelas jauh lebih diunggulkan ketimbang Taiwan saat berjumpa pada laga perdana Grup A Piala AFC U-19 2018. Namun, hal itu tak lantas membuat skuat Garuda Nusantara merasa jemawa.

Untuk menghadapi Piala AFC U-19 2018, persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia U-19 sudah cukup matang. Mereka berulang kali menjalani pemusatan latihan. Bahkan, mereka sempat menjalani dua laga uji coba sebelum laga perdana ini.

Di dua laga itu, Timnas Indonesia U-19 takluk 1-2 dari Arab Saudi dan menang 3-2 atas Yordania. Indra Sjafri menilai bahwa ini adalah indikasi positif sebelum bertarung melawan Taiwan. Namun, hasil itu tak membuat mereka kelewat percaya diri melawan Taiwan.

"Taiwan adalah tim yang sangat bekerja keras dan mereka selalu memberikan yang terbaik di setiap pertandingan yang dimainkan. Kami tak boleh lupa bahwa tim yang bersaing di AFC U-19 adalah yang terbaik di Asia," Indra Sjafri menegaskan, dikutip situs AFC.

 

2 dari 3 halaman

Hasil di Kualifikasi

Taiwan adalah tim yang baru kembali meramaikan persaingan Piala AFC U-19 setelah terakhir kali tampil pada edisi 1974. Mereka sukses melaju ke putaran final setelah jadi runner-up Grup H yang dihuni Vietnam, Makau, dan Laos. Rincian hasil pertandingan mereka adalah menang 2-0 atas Laos, takluk 1-2 dari Vietnam, dan bungkam Makau 2-0.

Di kubu Timnas U-19, meski telah dipastikan lolos sebagai tuan rumah, mereka tetap mengikuti ajang kualifikasi. Sayang, hasilnya tak begitu bagus. Bersaing dengan Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam, mereka finis di tempat ketiga.

"Tim saya telah mempersiapkan diri dengan baik untuk turnamen dan saya percaya bahwa pendukung kami bisa membantu mencapai tujuan. Karena mereka bisa memberkan dampak yang sangat positif untuk pemain saya," kata Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

23 Pemain Timnas U-19

Kiper

1. M. Riyandi, Barito Putera

2. M. Aqil Savik, Persib

3. Gianluca Rossy, Persija

Belakang

4. Nurhidayat, Bhayangkara FC

5. Kadek Raditya, Persiba Balikpapan

6. Rachmat Irianto, Persebaya

7. Indra Mustafa, Persib

8. Asnawi Mangkualam, PSM

9. M. Rifad Marasabessy, Madura United

10. Firza Andika, PSMS

11. Samuel Christianson, Sriwijaya FC

Tengah

12. M. Luthfi Kamal, Mitra Kukar

13. M. Raffi Syarahil, Barito Putera

14. Syahrian Abimanyu, Sriwijaya FC

15. Resky Fandi, Martapura FC

16. Todd Rivaldo, Persipura

17. Witan Sulaeman, SKO Ragunan

18. Aulia Hidayat, Borneo FC

19. Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk

20. Feby Eka Putra, Bali United

21. Saddil Ramdani, Persela

Depan

22. Hanis Saghara, Bali United

23. M Rafli Mursalim, Mitra Kukar