Sukses

Mantan Bintang Persib Ungkap Sisi Positif Jose Mourinho

Jakarta - Mantan pemain Chelsea dan Persib Bandung, Michael Essien mengaku tak pernah memiliki masalah dengan Jose Mourinho. Dia justru menilai gaya manajemen manusia yang diterapkan Mourinho sangat sosok dengan pemain seperti dirinya.

Essien terbukti sebagai salah satu pemain tersukses yang pernah bermain di bawah bimbingan Mourinho. Dia pun mengakui Mourinho memang pelatih unik yang sering memperlakukan pemainnya dengan keras.

Mourinho tak pandang bulu. Pemain sehebat apa pun, siapa pun, tak mungkin lepas dari kritiknya. Essien mengakui cara itu sangat efektif pada pemain seperti dirinya, tetapi mungkin tak terlalu berfungsi pada pemain lain, misalnya Paul Pogba.

Menurut Essien, Mourinho hanya ingin pemain tampil sesuai instruksinya

Adapun Essien mencoba bersikap adil. Dia menyadari mungkin dunia sepak bola saat ini sudah jauh berbeda dengan masanya dahulu. Namun, baginya cara melatih Mourinho masih tetap yang terbaik.

"Waktu saya bersama Chelsea di bawah Jose Mourinho, terkadang dia bersikap keras pada kami untuk memaksimalkan kemampuan kami, kami menghadapi itu, kembali ke lapangan dan mengubah banyak hal," kata Essien di tribalfootball.

2 dari 2 halaman

Mourinho Bekerja dengan Baik

"Mungkin saat ini banyak hal sudah berbeda. Pada akhirnya, ini adalah sepak bola. Sebagai pemain anda pasti tahu ketika anda tak bermain baik. Anda ingin kembali dan mencoba mengubah beberapa hal."

Essien juga menyadari bahwa sifat setiap pemain berbeda-beda. Ada yang bisa menerima tantangan Mourinho, ada juga yang justru hancur. Pada intinya, dia hanya meminta pemain melakukan permintaan pelatih.

"Bagi saya, cara melatih Mourinho itu bekerja dengan sangat baik. Setiap orang berbeda. Pemain sangat berbeda, setiap pemain jauh berbeda dengan pemain lainnya. Kita lihat saja bagaimana."

"Pesannya Mourinho selalu jelas. Dia ingin saya melakukan sesuatu dan saya pergi ke lapangan dan melakukan itu. Saya memiliki talenta itu, saya hanya melakukan apa yang diminta pelatih," sambung dia.

"Itulah yang saya lakukan sepanjang karier saya. Bahwa Anda harus mengikuti apa pun perkataan pelatih."

Sumber: Bola.net

Loading
Artikel Selanjutnya
Mourinho Gerah Dengar Kabar MU Incar Zidane
Artikel Selanjutnya
Mourinho Masih Berkuasa, MU Terancam Kehilangan 10 Pemain?