Sukses

Kejurnas Hapkido Indonesia Digelar di Jakarta

Kejurnas Hapkido Indonesia akan digelar untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk ketiga kalinya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ketiga Hapkido Indonesia bakal digelar. Event ini bakal berlangsung pada Minggu (16/9/2018) di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta.

Hapkido adalah salah satu seni bela diri yang berkembang dengan sangat cepat di Indonesia, sejak dideklarasikan pada tahun 2104. Saat ini sudah berkembang di 27 provinsi di seluruh Indonesia.

"Event ini diikuti 242 peserta. Tadinya kami ingin menggelar kejuaraan ini selama dua hari hingga Senin, tapi banyak peserta uang menjalani ujian," ujar salah satu panitia, Master Vincentius Yoyok Suryadi, yang juga merupakan tokoh hapkido Indonesia, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/9/2018).

Alhasil, kata Yoyok, panitia pun membuat rencana cadangan. Kejuaraan bisa dilakukan selama sehari penuh, mulai dari Minggu pagi hingga sore.

"Awalnya kita pakai dua lapangan. Namun karena hal itu (banyak yang ujian), kita menambah lapangan menjadi tiga, semuanya akan digunakan selama sehari," ucap Yoyok menegaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hapkido dari Korea

Hapkido merupakan salah satu seni bela diri Korea. Belakangan, olahraga ini banyak diminati kaum perkotaan, terutama bagi remaja dan orang dewasa.

Hal ini disebabkan materinya yang sangat kental dengan teknik-teknik beladiri praktisnya, dan sifatnya yang hybrid, yaitu memadukan teknik bela diri praktis dengan olahraga beladiri.

Selain dilatih teknik lunak (kuncian, bantingan), masyarakat juga dilatih teknik keras (tendangan, pukulan). Masih pula dilengkapi dengan mempelajari berbagai teknik permainan senjata. Sehingga masyarakat akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.