Sukses

Timnas U-16 Tanpa Beban di Partai Puncak

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 sukses melaju ke partai puncak Piala AFF U-16 2018. Di Final, pasukan Fakhri Husaini bertemu Thailand pada Sabtu (11/8/2018) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Timnas Indonesia U-16 harus bermain lepas. David Maulana dan kawan-kawan mesti tampil tanpa beban menghadapi Thailand.

Jika tampil terbebani, ini akan menjadi bumerang bagi Timnas Indonesia U-16. Garuda Asia tentu tidak dapat mengeluarkan kemampuan terbaik melawan Thailand bila itu yang terjadi.

Dukungan dari suporter harus dianggap sebagai tambahan motivasi. Fakta bahwa mereka bermain di turnamen kelompok usia juga patut ditekankan.

Secara teknik, para pemain Timnas Indonesia U-16 juga tidak berada di bawah Thailand. Kedigdayaan Thailand atas Indonesia di level senior tentu bukan menjadi ukuran di level kelompok usia.

Yang diharapkan dari para pemain Timnas Indonesia U-16 di final adalah peningkatan kualitas bermain. Bagaimana para pemain Garuda Asia menaklukkan diri mereka sendiri sebelum mengalahkan lawan.

 

1 dari 3 halaman

Pantang Menyerah

Demikian pula dengan publik sepak bola tanah air yang tidak membebani pasukan Fakhri Husaini untuk juara. Masa depan Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri masih sangat panjang, menang atau kalah di final Piala AFF U-16 2018 bukan segalanya.

Bila Timnas Indonesia U-16 tunjukkan semangat pantang menyerah dan bermain cantik, menjadi juara di Piala AFF U-16 hanyalah bonus. Ini juga sebagai ajang persiapan menuju Piala Asia U-16 di Malaysia bulan depan.

Meski demikian, pencapaian Garuda Asia di Piala AFF U-16 2018 tentu patut diapresiasi. Mereka tampil menyakinkan di fase grup dengan menyapu bersih poin yang ada.

Di semifinal lawan Malaysia, stamina dan semangat juang jadi keunggulan Timnas Indonesia U-16. Hal itu pula yang membawa mereka mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0.

Faktor ini yang tidak boleh hilang saat bermain di final. Selain itu, bagaimana Fakhri meramu taktik Timnas Indonesia U-16 untuk laga besok juga perlu disimak.

2 dari 3 halaman

Jadwal Final AFF U-16 2018

Jadwal Piala AFF U-16

Peringkat Ketiga

15.30 WIB: Myanmar vs Malaysia

Final

19.00 WIB: Thailand vs Indonesia

Artikel Selanjutnya
Top Scorer AFF U-16: Bomber Timnas U-16 Kian Sulit Dikejar
Artikel Selanjutnya
Jadwal Final AFF U-16: Thailand Vs Timnas Indonesia U-16