Sukses

Olivia Zalianty Akan Ceritakan Pengalaman Ikut Kirab Obor Asian Games ke Cucu

Olivia ikut kirab obor Asian Games putaran Danau Toba.

Liputan6.com, Samosir - Aktris Olivia Zalianty mendapat kehormatan ambil bagian pada kirab obor Asian Games 2018 di Danau Toba, Sumatera Utara. Sosok asal Jakarta ini membawa obor mengarungi Danau Toba dari Pelabuhan Bahari, Parapat, ke Dermaga Damasus Resto, Desa Sibaganding, Simalungun.

Dalam perjalanan membawa obor Asian Games 2018 di atas Kapal Motor Natio 03, Olivia mengaku kehabisan kata-kata dan sangat terharu. Sebab, dirinya dipercaya membawa api obor mengarungi Danau Toba yang merupakan terbesar di Asia Tenggara.

"Perasaan saya, pokoknya Indonesia padamu akbar. Susah banget dijelaskan. Apalagi Danau Toba ini lebih besar dari Kota Jakarta, luar biasa,” kata Olivia, Rabu (1/8/2018).

Menurut adik Marcella Zalianty ini, rasa bangga lainnya yang tidak dapat diungkapkannya adalah kedatangannya ke Danau Toba bukan hanya sebagai pengunjung atau wisatawan biasa, tetapi membawa api obor Asian Games 2018.

"Luar biasa. Pengalaman ini bisa kita ceritakan ke anak cucu nantinya, dan merupakan sejarah," ungkap Olivia, yang pernah menggeluti Wushu.

Olivia mengaku, selain menjalankan amanah membawa api obor Asian Games, dirinya juga mengajak semua pihak untuk mendoakan korban Kapal Motor Sinar bangun yang karam di Danau Toba beberapa waktu lalu.

“Mari kita doakan saudara-saudara kita yang terkena musibah kemarin. Jangan ada kata takut, intinya berhati-hati. Mari bawa nama Danau Toba, yang salah satu kejaiban dunia ini, diketahui masyarakat luas,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Kirab

Di Sumatera Utara, obor Asian Games tiba melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Selasa, 31 Juli 2018. Setelah itu dibawa ke Kabupaten Sergai, kemudian disinggahkan di Pesanggerahan Bung Karno, Parapat, Simalungun.

Di Kabupaten Simalungun, api diarak mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dengan rute Pesanggerahan Rumah Bung Karno, kemudian mengarungi perairan Danau Toba, dan selanjutnya diarak sejauh 10 Kilometer hingga Pantai Bebas, Parapat.

Setelah itu api obor dibawa menuju Pantai Bul-Bul, Balige, Toba Samosir. Api Obor dibawa kapal motor didampingi jajaran Kepala Daerah dan Inasgoc. Di Pantai Bul-Bul, api obor diarak 10 atlet sejauh 2 kilometer.

Kemudian api obor dibawa menuju Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk dibawa menuju Provinsi Pekanbaru melalui Bandara Silangit pukul 13.40 WIB. 

3 dari 3 halaman

Kirab Obor

Kirab obor Asian Games dimulai pada 19 Juli lalu di Yogyakarta dan berakhir di Jakarta pada 15 Agustus. (Reza Efendi)

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.