Sukses

Piala AFF U-16 2018: Penyebab Kekalahan Telak Filipina dari Indonesia

Indonesia menghantam Filipina 8-0 di Piala AFF U-16 2018.

Sidoardjo - Filipina tak berdaya menghadapi Indonesia di laga pertama Piala AFF U-16 2018, Minggu (29/7/2018). Di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, mereka dihantam Indonesia 0-8.

Delapan gol Garuda Asia di antaranya dicetak M Supriadi pada menit kedua, Komang Teguh (18’), M Fajar Fathur (31’), Sutan Diego Zico (45’), Rendy Juliansyah (56’), David Maulana (63), dan Bagus Kahfi (66’ dan 73’).

Pelatih Timnas Filipina U-16, Reiji Hirata, mengungkapkan anak asuhnya tidak siap menghadapi laga pertama Piala AFF U-16 2018 ini. Dia juga menjelaskan beberapa alasan yang membuat timnya kalah dengan skor telak.

“Saya pikir gol cepat Indonesia memengaruhi tim kami. Gol pertama dan gol kedua membuat kami menjadi buruk. Beberapa pemain juga belum berpengalaman di pertandingan internasional,” ungkap pelatih asal Jepang itu.

Tiga dari delapan gol Indonesia lahir dari sundulan. Hirata mengungkapkan tiga gol itu terjadi karena postur para pemain Filipina kalah dari pemain timnas Indonesia U-16.

“Ini pertandingan yang sulit. Pemain kami bertubuh kurus dan juga punya postur yang kurang tinggi. Hanya beberapa saja yang cukup tinggi. Secara fisik, kami kalah dari Indonesia,” imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Dasar Klasemen

Kekalahan telak dari Indonesia menempatkan Filipina di dasar klasemen sementara Grup A. Mereka memiliki defisit delapan gol dan kalah selisih gol jika dibanding Timor Leste yang takluk 2-3 Myanmar dan Kamboja yang tumbang 0-1 dari Vietnam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.